9 Rangkaian Acara HUT Surabaya ke-726, Mulai dari Makan Rujak Sampai Festival Belanja!

Advertisement

Tanggal 31 Mei 2019 menjadi hari penting bagi warga kota Pahlawan karena merupakan acara HUT Surabaya yang ke-726. Untuk menyambut kemeriahan tersebut, terdapat sejumlah rangkaian event yang sayang untuk dilewatkan. Ada apa saja ya? Berikut daftarnya!

Festival Rujak Uleg

Festival Rujak Uleg 2017, via Instagram/andrean.hk

Festival Rujak Uleg ialah salah satu acara yang dinanti warga kota Pahlawan. Acara sempat gagal digelar tahun lalu dikarenakan insiden teror bom yang meledak di tiga gereja Surabaya. Pemerintah telah mempersiapkannya dengan matang di tahun 2019 ini.

Festival tersebut bakal pecahkan rekor MURI atas peserta terbanyak, yakni 1629 orang dan penggunaan cobek raksasa. Peserta yang ikut akan menggunakan kostum unik dan menarik.

Surabaya Vaganza

Surabaya Vaganza 2018, via Instagram/sisca_hendisca

Setelah Festival Rujak Uleg, event budaya yang juga nggak kalah menarik utnuk dihampiri ialah Surabaya Vaganza. Festival yang dulunya dikenal dengan Pawai Budaya dan Bunga ini akan dilaksanakan pada hari Minggu 24 Maret 2019.

Jalur dimulai dari kawasan Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul Surabaya. Event akan dimeriahkan oleh pasukan Drumband dari sekolah tinggi kedinasan.

Festival Kuliner Ampel

Festival Kuliner Ampel, via Twitter/SapawargaSby

Pada tahun 2019, Festival Kuliner Ampel akan diselenggarakan di hari Minggu tanggal 21 April 2019. Acara tersebut berlangsung di Jalan Nyamplungan. Tak hanya memamerkan bermacam makanan dan minuman, pengunjung yang datang juga dimeriahkan oleh berbagai pertunjukkan seni budaya dari wilayah Ampel seperti heyna dan shisa.

Surabaya Fashion Parade

SFP 2018, via Instagram/surabayafashionparade

Pecinta busana, wajib banget nih meramaikan Surabaya Fashion Parade (SFP) yang diadakan pada tanggal 24-28 April 2019. Untuk ke 12 kalinya, acara tersebut akan berlangsung di Convention Hall Lt.6 Tunjungan Plaza (TP) 3. Sedangkan untuk Fashion Exhibition dihelat di Atrium Lt. UG TP 3. SFP menjadi sebuah kesempatan bagi desainer dan model lokal unjuk gigi.

Grand Final Cak & Ning Surabaya

Grand Final Cak & Ning Surabaya 2018, via Instagram/cakningsby

Pemilihan Cak dan Ning Kota Surabaya kembali digelar. Pembukaan Roadshow pendaftaran Cak dan Ning Kota Surabaya tahun 2019 pada Sabtu tanggal 23 Februari lalu menjadi langkah awal dimulai segala rangkaian untuk menuju Grand Final.

Road Show pendaftaran tersebut menjadi ajang promosi untuk menjaring secara luas pemuda kota Surabaya yang bertalenta. Nantinya Grand Final untuk acara HUT Surabaya akan diselenggarakan pada tanggal 1 Mei 2019 dan berlokasi di Balai Pemuda Surabaya.

Surabaya Health Season

Surabaya Health Season 2018, via Instagram/rsroyalsurabaya

Surabaya Heath Season merupakan bulan diskon bagi layanan kesehatan di Surabaya. Salah satu rangkaian acara HUT Surabaya ini diikuti oleh berbagai rumah sakit milik pemerintah maupun swasata, klinik dan laboratorium. Masyarakat bisa memanfaatkan diskon dan berbagai macam kegiatan bertema kesehatan yang akan diadakan pada tanggal 1-31Mei 2019 mendatang.

Surabaya Shopping Festival

Surabaya Shopping Festival, via Instagram/galaxymallsby

Selama bulan Mei berlangsung, pusat-pusat perbelanjaan di Surabaya menawarkan potongan harga mencapai 80% di tahun 2018 lalu. Terbukti di tahun-tahun sebelumnya, ribuan orang turut meramaikan berbagai pusat perbelanjaan.

Bagi Teman Traveler yang suka berburu diskon dan borong harus sabar dan menunggu Surabaya Shopping Festival (SSF) yang akan digelar pada tanggal 1-31 Mei 2019 nanti ya.

Pasar Malam Tjap Toenjoengan

Pasar Malam Tjap Toenjoengan, via Instagram/njajan_dulu

Hobi berburu kuliner? Teman Traveler wajib banget datang ke Pasar Malam Tjap Toenjoengan yang dilaksanakan di East Coast, Pakuwon City tanggal 1-31 Mei mendatang.

Acara yang ditunggu-tunggu warga Surabaya tersebut akan menyuguhkan berbagai makanan khas nusantara dan hadir dengan nuansa khas Surabaya tempo dulu dengan menggunakan gubuk. Pokoknya sayang banget deh kalau kelewat!

Upacara Hari Jadi Kota Surabaya

Taman Surya, Balai Kota Surabaya via Instagram/andikermit

Puncak dari rangkaian acara tersebut adalah Upacara acara HUT Surabaya yang akan dilaksanakan pada hari Jumat (31/5/2019) mendatang. Nantinya, upacara tersebut akan dilangsungkan di Taman Surya, Balai Kota Surabaya.

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk tidak datang ke beberapa rangkaian acara HUT Surabaya tadi, ya. Bagaiimana, kira-kira bakal ajak siapa nih?

Advertisement
Tags
Indonesia info terbaru rangkaian event HUT Surabaya 2019 Surabaya
Share