7 Hotel Tertua di Dunia dengan Segudang Rahasia yang Tersimpan di Dalamnya

Alfri

Alfri

On Akomodasi

Traveler tidak akan menyangka menemukan banyak rahasia jika menginap di hotel-hotel berikut ini. Jika umumnya hotel dengan tarif mahal akan memberikan pelayanan tambahan berupa sekeranjang buah-buahan di kamar atau lainnya, hotel berikut ini punya tarif eksklusif lantaran rahasia yang dimilikinya. Rahasia tersebut bisa berbentuk ruang rahasia, kuil rahasia atau bahkan ada gua di bawah hotel.

Ulasan berikut Travelingyuk tengok dari Daily Mail yang berisi daftar hotel-hotel tertua di dunia yang menyimpan rahasia yang tidak banyak diketahui traveler. Ada sebuah hotel yang pernah memiliki rekam jejak ditinggali oleh para raja hingga penulis terkenal serta berisi kamar rahasia hingga gua yang penuh dengan misteri. Untuk traveler yang suka dengan bumbu misteri di liburan mereka, berikut kami sajikan akomodasi sempurna untuk mendapatkan itu semua.

1. The Andaz Liverpool Street, London

Andaz Liverpool Street Hotel adalah sebuah hotel kuno yang terletak di kota London. Hotel ini pada awal pembukaannya di tahun 1884 memiliki nama The Great Eastern dan dibangun tepat di bekas lokasi rumah sakit pertama di Inggris, Royal Hosptal Betlehem yang menangani kasus-kasus kejiwaan. Rumah sakit itu sendiri telah ada sejak tahun 1247

Andaz Liverpool Street Hotel mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 karena sebelumnya mengalami rusak parah. Pada saat itulah ditemukan sebuah ruang rahasia dibalik dinding palsu yang ternyata adalah Kuil Masonic Yunani yang digadang-gadang sebagai yang termegah di zamannya. Kuil Masonic ini kemudian dibuka kembali meski tidak untuk umum namun hanya disewakan pada acara-acara tertentu seperti resepsi pernikahan dan lain sebagainya.

2. The Corinthia Hotel, London

Masih di kota London, sebuah hotel yang berasal dari tahun 1885 atau tepat setahun setelah pembangunan The Great Eastern yang kini berubah nama menjadi Andaz Liverpool Street Hotel. Jika Andaz menempati lokasi rumah sakit tertua, maka awal pembangunan The Corinthia Hotel memang sengaja dibangun untuk usaha penginapan.

Seperti hotel-hotel kuno kebanyakan, The Corinthia Hotel juga bukanlah nama yang pertama kali digunakan. Pada rentang tahun 1885 hingga 1936 hotel tersebut secara resmi memiliki nama Hotel Metropole sebelum kemudian kepemilikannya diambil alih oleh Departemen Pertahanan selama Perang Dunia II dan dimanfaatkan sebagai markas dari MI9, suatu organisasi pemerintah yang bersifat rahasia. Hotel ini juga memiliki sisi misteri dimana pada kamar 801 pernah dilaporkan terjadi penampakan UFO.

3. Sofitel Legend Metropole Hanoi, Vietnam

Kita terbang ke utara Vietnam dimana di sana terdapat hotel bintang lima yang dibangun pada tahun 1901. Hotel tersebut bernama Sofitel Legend Metropole Hanoi. Hotel ini juga memiliki hubungan erat dengan zaman peperangan dimana pada tahun 2011 lalu, salah satu staf hotel menemukan ruang perlindungan bawah tanah semacam bunker yang digunakan untuk berlindung dari serangan udara.

Penemuan tempat perlindungan ini tentu di luar dugaan yang mengungkap bagaimana mencekamnya peperangan yang terjadi kala itu. Pihak hotel kemudian membersihkan ruang persembunyian tersebut. Setelah ruangan bersih, seorang sejarawan bernama Andreas Augustin melatih enam relawan dari Hanoi untuk menjadi pemandu wisata bagi tamu hotel untuk berkeliling ke ruang rahasia tersebut.

4. Kulm Hotel, St Moritz, Swiss

Kulm Hotel di St Moritz, Swiss adalah salah satu akomodasi yang menawarkan liburan musim dingin paling keren di dunia. Hotel ini terkenal karena selain sebagai salah satu hotel tertua di dunia, dari sana pula lah permainan sky salju menuruni lereng diciptakan. Kulm Hotel dibangun pada tahun 1864 dan awalnya menjadi tujuan berlibur musim panas. Hotel ini dikepung oleh pegunungan Alpen yang akan sangat dingin dan bersalju saat musim dingin tiba.

Pemilik hotel yang merupakan seorang pengusaha bernama Johannes Badrutt pun memutar otak untuk menarik kunjungan wisatawan pada musim dingin di hotelnya. Awalnya ia berani melakukan langkah ekstrim yaitu membuat promo untuk tinggal di hotelnya selama akhir musim panas hingga akhir musim dingin secara cuma-cuma. Dari sanalah kemudian para tamu menceritakan ke orang lain bagaimana kerennya liburan musim dingin di Kulm Hotel.

5. Pera Palace Hotel Jumeirah, Istanbul, Turki

Pernah mendengar nama Agatha Christie? Dia adalah salah satu penulis paling terkenal di zamannya. Karya-karyanya sebagian besar berupa cerita fiksi kriminal serta beberapa kisah roman. Ia juga menjadi salah satu penulis cerita misteri paling terkenal di dunia dengan karyanya tercatat paling laku sepanjang masa disamping karya dari William Shakespeare. Hingga tahun 2003 saja bukunya telah terjual lebih dari 2 miliar eksemplar di seluruh dunia dalam 45 bahasa asing. Namun kita tidak akan membahas penulis ini lebih dalam.

Hotel yang akan dibahas berikutnya ini ada hubungannya dengan penulis tersebut. Dibuka pada tahun 1892, The Pera Palace Hotel Jumeirah sedianya dipersiapkan untuk menyambut tamu dari Orient Express. Namun dalam perjalanannya hotel ini mengklaim sebagai tempat Agatha Christie menulis bukunya yang paling fenomenal yang berjudul “Murder on the Orient Express”. Mereka percaya jika Agatha menulisnya di kamar nomor 411 yang kini dikenal dengan sebagai ruang Agatha Christie.

6. Ashford Castle, Co. Mayo, Irlandia

Hotel berikut ini merupakan sebuah kastil kuno berusia 800 tahun yang terletak di tepi sungai Cong dan di pesisir pantai Lough Corrib di Co. Mayo, Irlandia. Kastil yang menempati lahan seluas 350 hektar ini tercatat pernah dimiliki oleh keluarga Guinness serta ditinggali beberapa selebritis dan kepala negara terkenal lainnya seperti George V dari Inggris, Putri Grace dan Pangeran Rainer dari Monako. Tak ketinggalan Presiden AS Ronald Reagan, Brad Pitt, John Travolta, Jack Nicholson, Johnny Cash, Woody Allen dan Mia Farrow juga pernah menginap di kastil tersebut.

Bukan sejarahnya yang glamor dimana nama-nama besar di dunia pernah memiliki dan tinggal di dalamnya namun ada sebuah terowongan rahasia yang tersembunyi di bawah kastil ini. Terowongan tersebut diperkirakan dibuat pada tahun 1615 sebagai gudang penyimpanan wine. Sekarang terowongan ini digunakan sebagai tempat untuk menikmati wine bagi para tamu yang menginap.

7. Grotta Giusti, Tuscany, Italia

Dilihat dari luar bangunan ini sepintas hanya seperti penginapan berbentuk villa pada umumnya. Namun di dalam villa yang dimiliki oleh penyair Giuseppe Giusti ini tersimpan keajaiban dunia kedelapan berupa gua panas bumi. Penemuan gua ini dilakukan secara tidak sengaja pada proses penambangan.

Alkisah pada tahun 1849, seorang penambang yang bekerja di rumah Giuseppe Giusti melihat adanya uap tebal keluar dari dalam tanah. Lebih lanjut karena penasaran ia menggali asal uap tersebut hingga akhirnya menemukan ruangan yang sangat besar. Kini diatas gua tersebut dibangun sebuah hotel yang menawarkan sensasi spa di gua thermal yang dipercaya memiliki khasiat menjaga kesehatan.