Segera Hadir di Bandara Soetta, Ini 4 Hotel Kapsul yang Sudah Ada di Jakarta

Rero Rivaldi

Rero Rivaldi

On Akomodasi

Bandara Soekarno Hatta makin rajin mempercantik diri demi memanjakan pelanggan. Setelah sebelumnya membuka jalur kereta commuter khusus, kini Soetta berencana membuat hotel kapsul di kawasan bandara. Hotel kapsul sendiri merupakan akomodasi dengan konsep ruangan kecil yang pas untuk satu tempat tidur. Konsep ini mulanya berkembang di Jepang dan dalam waktu dekat bakal diterapkan di Soetta, dengan mengusung brand Capsule Indonesia.

Capsule Indonesia rencananya akan membuka banyak cabang di seluruh bandara di Tanah Air. Namun untuk langkah awal, mereka akan membuka di Bandara Soekarno Hatta. Fasilitas yang ditawarkan antara lain TV 22 inch, pengatur suhu udara, alarm, dan juga kamar mandi bersama yang terpisah dari kapsul. Semua fasilitas itu bisa didapatkan dengan harga mulai 180 ribu rupiah per malam. Namun sebelum Capsule Indonesia, sudah ada beberapa hotel kapsul keren berdiri di Jakarta. Selain murah, tempatnya juga unik. Penasaran?

1. Packer Lodge

Suasana kamar di Packer Lodge, via Instagram packerlodge

Packer Lodge adalah pilihan akomodasi tepat untuk mereka yang berencana backpacker-an di Jakarta. Lokasinya sangat strategis, berada di kawasan Glodok. Itu artinya tidak perlu menempuh perjalanan terlalu jauh untuk mencapai Mangga Dua, pusat perdagangan yang terkenal dengan barang-barang berharga murah.

Atmosfer menginap di Packer Lodge, via Instagram thepackerlodge

Meskipun hanya sekedar hotel kapsul, Packer Lodge menawarkan akomodasi dengan desain estetis. Dinding-dindingnya dihias dengan warna cerah dan beberapa bahkan dilengkapi mural. Ada beberapa jenis kamar yang bisa disewa di sini, mulai dari yang berkapasitas dua orang hingga delapan orang. Semuanya memiliki beberapa fasilitas basic seperti stop kontak, meja lipat, dan juga lampu tidur.

2. KINI Capsule

Suasana tempat menginap di KINI Capsule via Instagram kinicapsule

Sama seperti Packer Lodge, KINI Capsule juga punya letak yang lumayan strategis. Hanya sekitar empat kilometer dari Dunia Fantasi. Pas sekali bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu seharian penuh di kawasan yang sering disebut Disneyland-nya Indonesia tersebut.

Suasana tempat tidur di KINI Capsule via Instagram kinicapsule

Dari Bandara Soekarno Hatta, perjalanan ke sini dapat ditempuh selama kurang lebih 20 menit*) dengan berkendara. Selain Dunia Fantasi, KINI Capsule letaknya juga tak jauh dari Monas (8 kilometer). Fasilitas yang ditawarkan antara lain koneksi Internet via WiFi, sarapan, dan juga fasilitas basic seperti colokan listrik dan meja.

3. Kabin Kapsul

Salah satu kamar yang ditawarkan di Kabin Kapsul via Instagram kabinkapsul.kayujati

Berbeda dengan hotel kapsul lainnya, Kabin Kapsul menyasar kalangan menengah bawah. Pengunjung yang hanya punya urusan selama beberapa hari di ibu kota bisa menginap di hotel murah meriah nan minimalis ini. Per harinya para tamu hanya dipatok harga sekitar 45 ribu rupiah.

Salah satu sudut di Kabin Kapsul Kayujati via Instagram miss_almayra

Terletak di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Kabin Kapsul juga menawarkan fasilitas lain seperti AC. Namun tidak ada sarapan, koneksi internet, atau amenities lainnya. Hal ini agaknya sesuai dangan harganya yang sangat murah. Tak heran jika hotel ini sangat diminati di kalangan mahasiswa dan pegawai kantoran.

4. Homiestay PIK

Kamar yang ditawarkan di Homiestay PIK via Instagram homiestay16

Homiestay merupakan salah satu penginapan murah dengan konsep unik yang ada di Jakarta. Sesuai namanya, hotel ini terletak di kawasan PIK (Pantai Indah Kapuk). Lokasinya sangat strategis, dekat dengan bandara, pusat kebugaran, dan juga tempat perbelanjaan.

Tempat tidur yang ada di Homiestay PIK via Instagram homiestay16

Hotel dengan konsep kapsul ini menawarkan beragam fasilitas dasar seperti WiFi, ruang menonton TV bersama, dapur bersama serta beragam amenities seperti perlengkapan mandi dan sandal. Berada di wilayah Bukit Golf Mediterania, Homiestay PIK memasang tarif menginap yang tidak terlalu mahal. Kamar termurah dengan tempat tidur susun disewakan Rp90 ribu per malam, sementara tipe paling mahal dengan dua tempat tidur tingkat dibandrol Rp398 ribu per malam.

Itulah tadi beberapa hotel kapsul yang ada di Jakarta. Sembari menunggu Capsule Indonesia meluncurkan cabang pertamanya di Bandara Soetta, tidak ada salahnya menjajal hotel-hotel tersebut dan merasakan asyiknya tidur di penginapan futuristik ala Jepang.

*) Sebelumnya ditulis perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta memakan waktu 80 menit. Namun pihak pengelola KINI Capsule menginformasikan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. TravelingYuk meminta maaf atas kesalahan yang terjadi.