Unik dan Murah, Inilah 6 Penginapan di Jogja Yang Bakal Bikin Kamu Betah Tinggal di Dalamnya

Keberadaan akomodasi dipandang sangat penting untuk menunjang sektor pariwisata terlebih di kota-kota yang menjadi basis traveling. Seperti Jogja misalnya, sebagai salah satu jujugan traveling paling populer di Indonesia kota ini memiliki banyak pilihan penginapan dari yang murah hingga yang wah, mulai hotel unik sampai yang nyentrik semuanya bisa ditemukan disana.

Traveler pun terbagi menjadi berbagai tipe ada yang bergaya backpacker ada juga traveler yang punya sokongan dana kuat yang mana sering kita sebut traveler tipe koper. Beda traveler beda pula selera menginapnya. Kali ini Travelingyuk akan sedikit mengulas mengenai penginapan yang mungkin akan disukai semua kalangan baik backpacker maupun traveler koper. Sebab daftar ini berisi penginapan-penginapan unik dan terjangkau di Jogjakarta.

1. Greenhost Boutique Hotel

Mencari hotel yang ramah lingkungan dengan konsep hijau? Mungkin Greenhost Boutique Hotel bisa menjadi pilihan yang tepat. Hotel yang beralamat di Jalan Prawirotaman II, No. 629 Yogyakarta ini menerapkan konsep hijau yang sesungguhnya. Sesuai dengan namanya, hampir seluruh bagian hotel dipenuhi dengan kebun sayur yang tidak lain adalah tanaman daun selada.

Keunikan ini bisa traveler jumpai sejak dalam ruangan lobby. Deretan tanaman daun selada terlihat ditanam dengan sistem hidroponik yang membuat suasana ruangan menjadi terasa asri. Material bangunan berupa beton dan papan kayu juga semakin mengentalkan suasana segar di dalam ruangan. Jangan heran ya jika kamu melihat banyak instalasi pipa di dinding-dinding hotel ini, tugas pipa-pipa tersebut adalah menyalurkan air ke pot-pot tanaman selada.

Greenhost Boutique Hotel, via instagram
Greenhost Boutique Hotel, via instagram

Yang lebih keren lagi adalah bagian atap hotel dimana digunakan sebagai kebun rumah kaca. Lantai paling atas ini berfungsi sebagai kebun sayuran yang ditanami selada dengan sistem konvensional modern menggunakan pipa paralon. Untuk menginap semalam di hotel unik ini traveler harus merogoh kocek sebesar Rp. 400 ribu per malam. Lumayan memang jika biaya tersebut ditanggung seorang diri, tapi kalau bawa teman bisa sharing biaya sehingga uang yang dikeluarkan jadi lebih enteng.

2. Rumah Paris Bed & Breakfast Hotel

Meski namanya menggunakan istilah hotel namun penginapan yang satu ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai homestay. Hal ini merujuk pada konsepnya yang menyewakan penginapan berbentuk rumah secara utuh. Adalah Rumah Paris Bed & Breakfast Hotel, penginapan di Jalan Parangtritis Km. 8,5, Sewon, Bantul. Hotel ini memang memiliki desain yang begitu unik sehingga bukan hanya traveler saja yang kepincut menginap disana namun para pasangan yang mau menikah juga banyak yang melangsungkan sesi foto pre-wedding di lokasi ini.

Rumah Paris Bed & Breakfast Hotel, via instagram
Rumah Paris Bed & Breakfast Hotel, via instagram

Desain Rumah Paris Bed & Breakfast Hotel jarang sekali ditemui di Indonesia. Bangunannya mengadopsi rumah-rumah di Eropa dengan gaya vintage berdekorasi unik dan lucu. Dalam satu rumah terdiri dari 3 kamar degan ruang tamu dan halaman belakang yang luas untuk bermain dan bersantai. Kawasan sekitar hotel yang berupa sawah juga memberikan pemandangan damai tersendiri.

Sekarang kita tengok tarif menginapnya. Biaya yang dipatok pemilih hotel ini lumayan mahal jika untuk ukuran solo traveler. Satu kamar dipatok dengan tarif per malam sekitar Rp. 400 ribu. Sedangkan jika mau menyewa rumah secara utuh semalamnya dipatok dengan tarif Rp. 1,3 juta. Biaya ini tentu bisa diakali dengan menginap ramai-ramai yang memungkinkan traveler untuk melakukan cost sharing. Kapan lagi coba kamu bisa menginap dengan nyaman sekaligus dapat spot foto-foto keren seperti ini?

3. Adhisthana Hotel

Hotel unik berikutnya adalah Adhisthana Hotel. Satu dari sedikit hotel yang ada di Indonesia yang berhasil memadukan gaya interior Jawa dengan modern minimalis. Hasilnya begitu elegan dan sedap dipandang mata. Kesan awal saja dijamin membuat traveler langsung tertarik untuk menginap di hotel yang beralamat di Jalan Prawirotaman II No.613, Mergangsan, Yogyakarta.

Adhisthana Hotel, via instagram
Adhisthana Hotel, via instagram

Secara umum kamar di Adhisthana Hotel disewakan dengan tarif Rp. 255 ribu per malam. Namun ada kamar spesial untuk para solo traveler. Inilah kelebihan dari Adhisthana Hotel, selain menyewakan kamar standar hotel, penginapan ini juga menyediakan kamar bertipe dorm yang dikhususkan untuk para turis yang melakukan solo traveling. Terdapat 6 kasur untuk tamu cewek dan 6 lainnya untuk para cowok dengan tarif Rp. 120 ribu per malam.

Bukan hanya kamar, penginapan ini juga memiliki fasilitas tempat nongkrong bernama Lawas Cafe yang berada di sebelah penginapan. Di tempat nongkrong bergaya minimalis dengan dominasi art painting ini para tamu hotel bisa menikmati suasana sambil memesan minuman dan kudapan yang disediakan. Harga makanan di kafe ini pun cukup lumayan bisa dijangkau dengan harga mulai dari rp. 20 ribuan.

4. Lokal Hotel

Lokal Hotel adalah penginapan unik yang berada di Jalan Jembatan Merah No.104C, Yogyakarta. Keunikan hotel ini bisa dilihat dari bangunan dan bagaimana mereka mendekorasi interior ruangan. Memasuki lobby hotel, tamu akan disambut dengan ruangan yang menonjolkan lokalitas Jogja dengan tembok batu bata menyembul yang tidak diplaster hingga lantai ubin semua terkesan Jogja banget. Meski demikian sama sekali tidak menimbulkan kesan murahan sebab penataan yang dilakukan begitu pas dan selaras dengan furniture yang ada.

Lokal Hotel, via instagram
Lokal Hotel, via instagram

Lokal Hotel memiliki tiga tipe kamar yang masing-masing memiliki desain yang berbeda-beda. Kamar Tipe A misalnya, punya luas 50 meter persegi dan berada di lantai dasar dan sebagian ada yang dilantai dua. Kamar tipe ini memiliki fasilitas twin bed, LED HDTV 40?, iPhone 5 Speakers and Charging Dock, free mini bar dan free amenities.

Kamar Tipe B punya desain dan furniture lebih beragam. Kamar yang mampu menampung 3 orang ini masih dilengkapi dengan tambahan sofa yang bisa digunakan untuk tidur. Sedangkan Tipe C adalah kamar standar dengan luas 24 meter persegi dan fasilitas single bed, televisi LED 32?, iPhone 5 Speakers and Charging Dock. Hotel ini punya kolam renang yang nyaman. Biaya menginap di hotel ini memang lebih mahal dibanding hotel dalam daftar sebelumnya. Satu malamnya saja setiap kamar dipatok dengan tarif mulai dari Rp.500.000 hingga Rp.800.000.

5. Tembi Rumah Budaya

Jogja dikenal memiliki adat dan budaya Jawa yang begitu kental. Sehingga untuk semakin melebur dengan kehidupan kota ini traveler bisa memilih penginapan yang khas Jawa juga. Salah satu yang menawarkan penginapan unik dengan syarat yang dimaksud adalah Tembi Rumah Budaya. Penginapan yang tercatat sebagai hotel kategori bintang 3 ini terletak di Jalan Parangtritis Km.8,4, Yogyakarta.

Tembi Rumah Budaya, via instagram
Tembi Rumah Budaya, via instagram

Hotel ini dilengkapi dengan kolam renang dan restoran. Namun yang paling menyita perhatian adalah bangunannya yang mengadopsi rumah tradisional adat Jawa. Nuansa tradisional sangat kental terasa jika menginap di hotel ini. Hotel memiliki 9 kamar dalam arsitektur Jawa Otentik dengan tarif mulai dari Rp. 583.000 – Rp. 750.000 per malam. Hotel ini pun berada di posisi yang strategis dimana dekat dengan tempat-tempat wisata seperti Pantai Parangtritis, Grand Puri Waterpark dan juga Museum Tembi Rumah Budaya.

6. Yabbiekayu Homestay Bungalows

Yabbiekayu Homestay Bungalows layak dimasukkan dalam salah satu penginapan unik di Jogja yang bisa menjadi pilihan menginap. Selain bangunan dan interiornya yang sudah tentu unik, hotel ini juga baru saja mendapatkan penghargaan TripAdvisor Travellers’ Choice tahun 2016 sebagai B&B atau losmen terbaik pilihan traveler.

Yabbiekayu Homestay Bungalows, via instagram
Yabbiekayu Homestay Bungalows, via instagram

Hotel ini berada di Jalan Parangtritis, Yogyakarta. Yabbiekayu Homestay Bungalows memang tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari Yogyakarta yang ramai. Cukup berkendara 15 menit dari pusat kota kamu bisa menemukan penginapan yang penuh kedamaian dimana sekelilingnya terdapat area persawahan. Uniknya penginapan ini memiliki kamar mandi dengan konsep terbuka seperti kamar mandi tradisional Jawa. Tarif menginap di salah satu bungalownya pun terbilang cukup murah dengan kisaran harga Rp. 486.000 – Rp. 694.000 per malam.

Tags
Explore Jogja Hotel di Jogja Jogja Wonderful Indonesia
Share