Heritage Hotel di Jogja, Referensi Buat Jelajah Mistis ala Jurnalrisa

Jurnalrisa suka banget jalan-jalan ke beragam tempat yang punya urban legend. Mereka berhasil membuat para penggemarnya penasaran, dengan tidak pernah menyebutkan lokasi yang dituju. Kalau misalnya Jurnalrisa jelajah Jogja, mereka mungkin dapat mampir ke heritage hotel berikut buat menguak kisah-kisah tidak kasat mata.

Mustokoweni The Heritage Hotel

Mustokoweni The Heritage Hotel via Instagram @vi.lewakabessy
Mustokoweni The Heritage Hotel via Instagram @vi.lewakabessy

Mustokoweni The Heritage merupakan hotel yang bisa buat jelajah Jurnalrisa. Akomodasi ini berlokasi di Jalan AM. Sangaji, Cokrodiningratan, Jetis. Sekitar 15 menit jalan kaki dari Monumen Tugu Jogja.

Akomodasi Jogja satu ini mempunyai gaya arsitektur perpaduan Jawa dan Belanda. Mustokoweni dahulu merupakan rumah yang kemudian difungsikan sebagai hotel semenjak tahun 1977.

Indies Heritage Hotel

Indies Heritage Hotel via Instagram @viveratakarinaleimena
Indies Heritage Hotel via Instagram @viveratakarinaleimena

Hotel di Jogja yang bisa buat jelajah Jurnalrisa selanjutnya adalah Indies Heritage. Akomodasi tersebut berada di kawasan Prawirotaman, Brontokusuman, Mergangsan. Tidak terlalu jauh dari Malioboro, cukup naik ojol selama 15 menitan.

Indies Heritage Hotel sendiri mempunyai unsur Belanda dipadu sentuhan tradisional Jawa, dengan adanya pajangan barang-barang antik. Warna putih hotel ini juga dijamin bisa memanjakan mata. Rate harganya berada di kisaran Rp500 ribuan.

Abhayagiri Sumberwatu Heritage Resort

Abhayagiri Sumberwatu Heritage via Instagram @ghoster21
Abhayagiri Sumberwatu Heritage via Instagram @ghoster21

Abhayagiri Sumberwatu Heritage Resort merupakan tempat menginap plus restoran yang terkenal dengan jembatan indah di antara hamparan sawah. Akomodasi ini bertempat di Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan.

Hal menarik di sini selain jembatannya adalah Situs Sumberwatu yang dipulihkan dan dibangun kembali, demi mempertahankan bentuk aslinya. Demi bermalam di tempat menginap mewah ini, harus keluarkan budget Rp1 jutaan.

Vogels Hostel

Vogels Hostel via Instagram @vogelshostel
Vogels Hostel via Instagram @vogelshostel

Akomodasi satu ini memang cukup berbeda dengan list sebelumnya. Ia tidak punya embel-embel heritage hotel. Namun bangunan Vogels Hostel sudah ada semenjak sekitar tahun 1983an. Tempat menginap ini mempunyai gaya arsitektur perpaduan Belanda dan Jogja.

Vogels Hostel cukup populer terutama di kalangan para backpacker. Hostel ini berlokasi di Jalan Astomulyo Nomor 76, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Kalau menginap di sini, hanya perlu keluarkan modal Rp200 ribuan.

Setuju Jurnalrisa mengulik cerita di 4 heritage hotel di atas? Teman Traveler punya rekomendasi lain?

Tags
Akomodasi DIY Heritage Hotel Indonesia Jogja Jurnalrisa Risa Saraswati
Share