Hong Kong Zhuhai Macau Bridge, Jembatan Penyebrangan Laut dan Terowongan Terpanjang di Dunia

Advertisement

Teman Traveler yang berencana untuk liburan ke Hong Kong lalu lanjut ke Macau tetapi khawatir karena harus menggunakan Kapal Feri, kini boleh bernapas lega! Pasalnya, Hong Kong Zhuhai Macau Bridge (HKZMB) sudah resmi dibuka! Jembatan penyebrangan laut dan terowongan terpanjang di dunia siap hubungkan Macau dengan Hongkong dalam waktu yang lebih ringkas!

1. Hubungkan 3 Tempat Penting di Tiongkok

Waktu Tempuh dari Hong Kong ke Macau Jadi Lebih Ringkas via shutterstock.com

Hong Kong Zhuhai Macau Bridge merupakan jembatan di atas Laut China Selatan yang menghubungkan tiga lokasi, yaitu Hong Kong, Zhuhai dan Macau. Diresmikan pada 24 Oktober 2018 lalu, kehadirannya mempersingkat waktu tempuh yang semula menghabiskan 3 jam menjadi 30 menit. Waktu berlibur yang Teman Traveler miliki untuk jelajah Tiongkok, bisa semakin banyak, tanpa lebih dulu habis di perjalanan. Menyenangkan, ya?

2. Resmi Dibuka 24 Oktober 2018 Setelah Bertahun-tahun

Resmi Dibuka untuk Umum 24 Oktober 2018 via shutterstock.com 

Pembangunan jembatan penyebrangan laut terpanjang di dunia tersebut mulai diusulkan sejak 2003 lalu. Pembangunannya sendiri melibatkan banyak pakar dari 14 negara, antara lain Denmark, Jepang, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat. Butuh waktu sekitar 7 tahun untuk menyelesaikan pembangunannya.

Jembatan Penyebrangan Laut Terpanjang di Dunia via shutterstock.com

Baru pada akhir 2017 lalu, jembatan ini selesai dibangun. Meski demikian, ia tidak langsung dibuka untuk umum. HKZMB baru resmi dibuka pada 24 Oktober 2018 lalu. Pembangunan yang menghabiskan waktu bertahun-tahun tersebut, tidak lepas dari kontroversi. Walau begitu, ia tetap mendapatkan sambutan.

3. Sepanjang 55 Km

Panjangnya Mencapai 55 Km via Instagram
Panjangnya Mencapai 55 Km via shutterstock.com

Hong Kong Zhuhai Macau Bridge (HKZMB) miliki lintasan yang panjangnya luar biasa. Di atas Delta Pearl River ia membentang sejauh 55 Km; 20 kali lipat lebih panjang dari Golden Gate yang ada di San Francisco.

Zhuhai Macau Bridge
Zhuhai Macau Bridge (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Selain sebagai jembatan terpanjang, HKZMB juga memiliki terowongan bawah laut sepanjang 6,7 Km. Selain itu, ia juga dirancang untuk bertahan selama 120 tahun. Dengan kontruksi yang sudah dirancang sedemikian rupa, jembatan ini tahan gempa hingga 8 skala Richter. Luar biasa!

4. Habiskan 400 Ribu Ton Baja

Habiskan Ratusan Ribu Ton Baja via shutterstock.com

Hong Kong Zhuhai Macau Bridge, boleh jadi merupakan salah satu projek terbesar abad ini. Bagaimana tidak jika dana yang dihabiskan untuk membangunnya berada di angka Rp 218,5 trilliun. Dana tersebut salah satunya digunakan untuk menyediakan 420 ribu ton baja! Ya! HKZMB membutuhkan ratusan ribu ton baja untuk berdiri. Baja sebanyak itu bisa dipakai untuk membangun 60 buah Menara Eiffel dan membangun sekitar 4 Golden Gate baru. Terbayang raksasanya, kan?

Nggak sabar untuk liburan ke Hongkong lalu Macau menyaksikan pergantian tahun? HKZMB akan memudahkan perjalanan dan membuat waktu tempuh Teman Traveler lebih ringkas. Bagaimana, jembata keren ini pasti masuk dalam daftar destinasimu, bukan?

Advertisement
Tags
Hong Kong Hong Kong Zhuhai Macau Bridge info terbaru Luar negeri
Share