Video Wisatawan Tunggangi Hiu Paus, Mendapat Kecaman Banyak Pihak

Keindahan bahari Indonesia memang menyimpan banyak makhluk eksotis di bawah laut. Mulai dari terumbu karang, pari manta, hingga hiu paus. Namun sayangnya tak semua wisatawan bertanggung jawab, atau setidaknya paham aturan, tentang bagaimana menikmati keindahan tersebut. Kamis, (09/08/2018), akun twitter @TrinityTraveler mengunggah video beberapa penyelam yang sedang menunggang hiu paus di Teluk Cendrawasih.

Selain dua penyelam yang menunggangi hiu, terdapat empat penyelam lain di sekitarnya via twitter/@trinitytraveler

Video tersebut juga mendapat respon dari pentolan grup Slank, Kaka, melalui akun twitternya @fishGOD. “Ada yg ngabarin video ini dr teluk cendrawasih papua Divers menunggangi whale shark,” ujar Kaka Slank melalui cuitan twitternya. Melalui twitnya, kaka juga mencantumkan akun @susipudjiastuti dan @SitiNurbayaLHK. Dalam video berdurasi 22 detik tersebut terlihat dua penyelam menunggang badan hiu paus dan empat penyelam lain berada di sekitarnya.

Penyelam menunggang hiu paus via twitter/@trinitytraveler

Unggahan Kaka juga mendapat respon dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. “Tindakan itu tidak boleh dilakukan,” ujar Menteri Susi. Karena hal tersebut, video ini mendapat perhatian yang serius. Dikutip dari Kompas.com, Susi Pudjiastuti menjelaskan bahwa pihaknya sedang melakukan investigasi terhadap identitas penyelam tersebut.

Hewan raksasa pemakan plankton via panorama-magz.com

Selain Menteri Susi Pudjiastuti, Balai Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga menanggapi video tersebut. Selain menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan tindakan terkait kejadian ini, Balai Besar TNTC juga memastikan bahwa semua penyelam yang berinteraksi dengan hiu paus pasti didampingi oleh pihak TNTC. Bahkan seharusnya sebelum menyelam, para penyelam pasti mendapatkan pengarahan dari instruktur.

Hiu Paus via telukcenderawasih-nationalpark.org

Meskipun memiliki ukuran yang sangat besar, hiu paus tidak memangsa manusia. Karena plankton dan ikan-ikan kecil adalah makanan hewan ini. Selain hiu paus, Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki sekitar 500 spesies karang dan 950 jenis ikan lainnya.

Tags
Hiu Paus Indonesia info terbaru Papua Teluk Cendrawasih
Share