Hati-hati! 4 Hewan Berbahaya Ini Mengintaimu di Pantai

Pantai selalu jadi salah satu destinasi yang paling banyak pengunjungnya. Tempat satu ini menyediakan banyak atraksi seperti bermain pasir, olahraga air, dan menyaksikan sunset atau sunrise. Meskipun begitu, kalian harus tetap berhati-hati apabila berada di sini. Alasannya karena ada hewan berbahaya yang mengintai di pantai. Binatang apa saja kira-kira? Ingat-ingat nama hewan yang ada di bawah ini.

Cacing Pita 

hewan membahayakanmu di pantai
Cacing pita via facebook/Nurul Ezzatul

Hewan pertama yang wajib diwaspadai adalah cacing pita. Walaupun ukurannya kecil, binatang satu ini bisa masuk ke tubuh kalian melalui kuku jari yang panjang ataupun luka. Hal ini pernah dialami oleh seorang wanita bernama Nurul Ezzatul Ekma yang mengira ada gangguan syaraf pada kakinya setelah berlibur ke Pantai Port Dickson.

Setelah diperiksakan ke dokter, ternyata itu adalah cacing dari pantai yang masuk melalui kuku kaki. Ternyata, ini disebabkan wanita asal Malaysia tersebut bertelanjang kaki ketika menyusuri pantai.

Kutu Laut 

hewan membahayakanmu di pantai
Kutu laut via instagram/laraspratiwi_28

Jangan mengira kalau kutu hanya ada di darat, di laut pun juga ada hewan satu ini dan parahnya bisa melukai manusia. Terbukti dari apa yang dialami oleh pemuda 16 tahun bernama Sam Kanizay. Lelaki asal Australia ini ternyata mengalami luka parah setelah merendam kakinya di tepian pantai akibat gigitan hewan kecil.

Bahkan, kaki Sam sampai berlumuran darah, sehingga harus dibawa ke rumah sakit. Ternyata, kutu laut mematikan ini mempunyai kebiasaan menggerogoti apa yang ada di sekitarnya. Jadi, berhati-hatilah kalian kalau sedang bermain ke tepian pantai, ya.

Ubur-ubur 

Ubur-ubur via instagram/tin_tina99

Untuk binatang yang satu ini, Teman Traveler pasti sudah tidak asing lagi, yakni ubur-ubur. Hewan ini terdiri dari banyak jenis dan beberapa di antaranya sangat berbahaya apabila disentuh. Seperti yang terjadi di Pantai Karangpapak, Sukabumi pada Bulan Juni 2019 lalu. Ada 92 pengunjung yang terkena sengatan ubur-ubur.

Akibatnya, para korban mengalami pusing, mual dan gatal pada luka sengatan hewan transparan ini. Oleh karena itu, supaya Teman Traveler tidak mengalami hal yang sama, disarankan untuk tidak sembarangan memegang ubur-ubur di pantai. Sebab mereka belum tentu aman untuk disentuh.

Bulu Babi 

Bulu babi via instagram/xtinenatalia

Terakhir ada bulu babi yang bisa menyerang para wisatawan kapan saja. Hewan ini selalu berdiam di tepian pantai saat air laut sedang surut. Apabila terkena durinya, kulit akan terasa gatal dan juga perih karena racun sudah masuk ke dalam tubuh.

Namun, Teman Traveler tak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasinya. Basuh luka yang terkena tusukan bulu babi dengan air kencing. Meskipun menjijikkan, air kencing ternyata mengurangi racun dari bulu babi lantaran mengandung asam amoniak.

Jadi, itulah deretan hewan berbahaya yang harus diwaspadai saat berada di pantai. Maka dari itu, selalu berhati-hati saat berlibur di destinasi wisata tersebut. Jangan sampai liburan kalian rusak hanya karena hewan-hewan ini.

Tags
hewan berbahaya di pantai Indonesia tips dan inspirasi
Share