Harga Pembuatan Bagunan Ikonik Di Dunia

Advertisement
Advertisement

Pernahkah kamu berfikir berapa uang yang dibutuhkan untuk membeli sebuah Piramida Ghiza di Mesir. Faktanya Piramida Ghiza di Mesir bukanlah merupakan bangunan ikonik termahal.

Meski banguan-banguan ini tidak diperjual belikan namun setidaknya kamu dapat menerka dan membanyangkan harganya. Berikut taksiran harga pembuatan beberapa banguan ikonik di penjuru dunia.

Big Ban

Via IG @singhtoursintl

Menara jam yang terletak di terletak di sebelah utara Istana Westminster, London, Britania Raya ini selesai di bangun pada tahun 1858. Nama big ben sendiri murujuk ke menara dan lonceng besar di dalamnya. Jika kamu ingin membuat replika big ben dengan skala 1 : 1 maka dana yang kamu butuhkan adalah sekitar Rp. 4 Miliar.

Patung Liberty

Via IG @elmirdad.arm

Patung yang terletak di pulau Liberty, New York, Amerika Serikat ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dari negara Prancis dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Patung ini dibuat di Prancis dan diantarkan ke Amerika Serikat pada tahun 1886. Jika kamu ingin mereplika patung ini kamu butuh dana setidaknya Rp. 17,5 Miliar.

Stonehenge

Via IG @itsabonnevillelife

Banguan berbentuk susuna batu melingkar ini terletak di Amesbury, Wiltsuhire, Inggris ini dibangun pada zaman Perunggu dan Neolitikum. Para arkeolog memperkirakan bangunan ini sudah berusia 2.000 SM sampai 3.000 SM. Jika dibangun di masa sekarang proses pembanguan monumen ini menghabiskan dana sekitar RP. 50 Miliar.

Menara Pisa

Via IG @crispict

Menara lonceng katedral yang terletak di Kota Pisa, Italia ini pada awalnya di bangun secara vertikal sama seperti manara pada umumnya. Kemiringan mulai terlihat pada saat proses pembangunannya pada tahun 1173. Biaya pembanguan menara ini sendiri sekitar Rp.57 miliar rupiah.

Menara Eiffel

Via IG @parisisincredible

Siapa sih Yang tidak tahu menara yang satu ini, menara Eiffel merupakan ikon kebanggaan rakyat Prancis. Menara berbahan dasar besi ini berbobot sekitar 7.300 ton ini jika di buat kembali, maka akan menghabiskan dana Rp. 416 miliar.

Parthenon

Via IG @greeking.me

Parthenon merupakan kuil kuno yang terletak di Acropolis, Yunani, kuil ini dibangun untuk dewi Athena pada abad ke 5 SM. Kuil ini dianggap sebagai simbol demokrasi Athena. jika ingin membangun kuil ini sendiri, dana yang kamu perlukan adalah sekitar Rp. 463 miliar.

Angkor Wat

Via IG @mruhdorfer

Angkor Wat merupakan rangkaian bangunan candi yang terletak di Kamboja. Angkor Wat merupakan monumen keagamaan terbesar di dunia. Untuk membuat replika modern monumen ini dibutuhkan dana sekitar Rp. 567 miliar.

Machu Picchu

Via IG @adventureperubrasil

Dengan ketinggian lebih dari 2.134 meter dari permukaan laut di pengunungan andes di Peru, monumen ini menawarkan pemandangan yang menawan. Situs ini dibangun sekitar tahun 1450 SM. Jika ingin membangun situs ini di masa modren dibutuhkan dana sekitar Rp. 950 miliar.

Taj Mahal

Via IG @tanvi.shah24

Mahakarya karya dari marmer ini terletak di Agra India membutuhkan sekitar 20 tahun proses pembangunannya. Tinggi banguan ini sekitar 171 meter sedangkan bahan-bahannya dibawa dari seluruh Asia. untuk membuat bangunan ini dimasa sekarang dibutuhkan dana sekitar Rp. 1,5 Triliun.

Colosseum

Via IG @magicalplacestotravel

Colosseum merupakan teater luar ruangan terbesar di dunia, terbuat dari batu dan beton. Struktur megah ini dapat menampung sekitar 50.000 penonton dan punya 80 pintu masuk. Untuk membuat replika ini dibutuhkan dana sekitar Rp. 6 triliun.

Piramida Agung Ghiza

Via IG @feralcreature

Keseluruhan strukturnya dibangun dengan lebih dari 2 juta balok batu kapur dengan berat masing-masing 2,5 ton dan di bangun sekitar 2.000 tahun yang lalu dan membutuhkan ribuan pekerja untuk menyelesaikannya selama 30 tahun. Untuk membuat bangunan ini dibutuhkan dana sekitar Rp. 16 triliun.

The Great Wall Of China

Via IG @greatwallmylove

Dengan panjang 21.000 KM dan membutuhkan waktu 2.000 tahun dalam pembangunannya. Tembok ini terdiri dari berbagai tembok kecil yang disatukan. Kemewahan bangunan ini sudah tidak dapat diragukan. untuk membangun tembok ini kamu harus menyediakan dana sekitar Rp. 600 triliun.

Nah itu tadi banguan dengan biaya termahal dalam proses pembangunannya. Jika kamu tertarik untuk membuat salah satu bangunan diatas mulai menabung dari sekarang yaa.

Advertisement
Tags
Share