Pertama Kali dalam Sejarah, Ternate Jadi Tuan Rumah Haornas di Luar Pulau Jawa

Suksesnya pagelaran Asian Games ke-18 di Indonesia turut memicu perkembangan industri olahraga di dalam negeri. Misalnya saja puncak pergingatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang telah digelar pada Minggu (9/9/2018). Tuan rumah dari Haornas 2018 ini adalah Gelora Kie Raha yang ada di Ternate, Maluku Utara. Dalam hal ini, Ternate mencatatkan sejarah sebagai kota pertama di luar Pulau Jawa yang menjadi tempat pergelaran Haornas.

Alasan Kenapa Ternate Dipilih Menjadi Tuan Rumah

Berlokasi di Ternate, Via Instagram nahrawi_imam
Berlokasi di Ternate, Via Instagram nahrawi_imam

Bukan tanpa alasan Ternate dipilih menjadi tuan rumah untuk pagelaran Haornas 2018 ini. Ada beberapa alasan utama kenapa Ternate terpilih sebagai tuan rumah acara tahunan tersebut. Raden Isnanta sebagai Deputi III Kemenpora menyebutkan ada beberapa pertimbangan yang menjadi alasan utamanya. Pertama, Ternate menjadi salah satu dari tiga kota yang mengajukan diri sebagai tuan rumah. Dan dua kota lainnya berasal dari Pulau Jawa.

Alasan lainnya, pihak Kemenpora ternyata ingin menumbuhkan semangat berolahraga di luar pulau Jawa. Dan hal itu selaras dengan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkaitan dengan revolusi mental. Presiden menginginkan segala kegiatan untuk membangun Nusantara dilakukan di titik terluar Indonesia. Meskipun Ternate bukan titik terluar, namun dianggap pas lantaran lautan lepasnya berbatasan dengan Filipina dan kota ini juga menjadi representasi wilayah Indonesia Timur.

Menyuguhkan Kearifan Lokal

Tarian Soya-Soya, Via Instagram nahrawi_imam
Tarian Soya-Soya, Via Instagram nahrawi_imam

Jadi lokasi Haornas 2018, tidak disia-siakan begitu salah oleh Pemkot Ternate. Pihak Pemkot Ternate memanfaatkan momen Haornas 2018 ini sebagai upaya untuk memperkenalkan berbagai kearifan lokal yang yang ada, baik itu berupa budaya, kuliner, ataupun juga produk ekonomi kreatif. Misalnya saja pada puncak peringatan Haornas di Geloka Kie Raha, melibatkan setidaknya 12000 pelajar setempat dengan tarian Soya-Soya.

Ternate Juga Jadi Start Pawai Obor Asian Para Games

Start Pawai Obor Asian Para Games, Via Instagram nahrawi_imam
Start Pawai Obor Asian Para Games, Via Instagram nahrawi_imam

Selain jadi lokasi puncak Haornas 2018, kota penghasil rempah-rempah di Indonesia ini juga menjadi start pawai obor Asian Para Games. Api obor dari Ternate kemudian akan dibawa ke delapan kota lainnya di Indonesia, termasuk juga Makassar, Denpasar dan finish di Jakarta pada pembukaan Asian Para Games tanggal 6 Oktober 2018.

Menjadi lokasi banyak perayaan olahraga tingkat Nasional, Ternate semakin berbenah. Dalam hal fasailitas, akomodasi wisata, dan beberapa hal lainnya. Tentu saja ini turut menjadi momen yang pas buat berkunjung ke Ternate bukan?

Tags
asian games 2018 haornas 2018 Indonesia info terbaru Ternate
Share