4 Hal yang Akan Terjadi Apabila Hutan Amazon Benar-benar Punah

Kebakaran Hutan Amazon yang terjadi beberapa waktu lalu, masih menjadi bahan perbincangan masyarakat. Bagaimana tidak, hutan ini termasuk penyumbang terbesar oksigen di dunia yang tentu sangat memengaruhi kehidupan. Oleh karenanya, ada beberapa hal gawat yang terjadi kalau Hutan Amazon benar-benar punah. Contohnya seperti di bawah ini. 

Curah Hujan Akan Semakin Berkurang 

hutan amazon punah
Curah hujan berkurang via instagram/murugeshshakthi

Bagi Teman Traveler yang belum tahu, Hutan Amazon berjenis hutan hujan tropis. Menurut beberapa sumber, hutan hujan tropis merupakan penyumbang curah hujan terbesar bagi wilayahnya sendiri dan sekitarnya. Jadi, apabila Hutan Amazon benar-benar punah, akibatnya curah hujan akan semakin berkurang.

Parahnya, itu akan berdampak buruk bagi masyarakat yang tinggal di Hutan Amazon. Mereka akan mengalami kekeringan dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Berkurangnya Jumlah Flora dan Fauna 

hutan amazon punah
Flora dan fauna berkurang via shutterstock

Seperti yang kita tahu selama ini, bahwa Hutan Amazon menjadi salah satu tempat dengan aneka ragam ekosistem di dalamnya. Tumbuhan, juga hewan-hewannya bahkan ada yang jarang sekali ditemukan di tempat lain. Namun, hal ini tidak akan bisa kita lihat lagi kalau misalnya hutan yang ada di Brazil ini habis dilalap api. Flora yang ada akan punah, begitu juga dengan fauna-fauna unik di di dalamnya. 

Pemanasan Global Semakin Parah 

Pemanasan global via shutterstock

Hutan Amazon ternyata sangat memberikan dampak baik bagi makhluk hidup yang ada di dunia. Pohon-pohon yang tumbuh asri bisa mengikat karbondioksida, sehingga oksigen dapat tersebar merata. Namun, kalau kebakaran benar-benar menghabiskan pohon, maka gas rumah kaca akan naik ke atmosfer. Dalam artian, kualitas udara di dunia semakin memburuk dan berakibat pemanasan global menjadi lebih parah. 

Bisa Terjadi Kebakaran Lebih Besar 

Akan terjadi kebakaran lebih besar via instagram/itjehe

Prediksi terakhir adalah akan terjadi fenomena kebakaran yang lebih besar. Alasannya, karena hutan ini bertempat di wilayah yang sangat mudah terbakar. Biasanya, api bisa dengan mudah tersulut saat musim kemarau. Gawatnya, kalau terjadi kebakaran lagi, api akan sulit dipadamkan dan berlangsung sangat lama. 

Begitulah kira-kira yang akan terjadi ke depan apabila Hutan Amazon benar-benar punah. Maka dari itu, kita doakan saja semoga kebakaran cepat berakhir, sehingga tidak menghabiskan hutan secara keseluruhan. Setuju kan Teman Traveler?

Tags
hutan amazon punah news
Share