4 Hal yang Perlu Diperhatikan Selama Pendakian, Apa Saja Ya?

Mendaki gunung memang bukan hal yang tabu di Indonesia. Ini dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang mencintai aktivitas mendaki. Namun, meski sudah banyak dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama pendakian. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Kenyamanan dalam Perjalanan

hal selama pendakian
Ilustrasi perjalanan ke puncak (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Kenyamanan dalam perjalanan muncul dari dua hal, yakni dalam dan luar diri. Untuk dari dalam diri biasanya terbentuk oleh kondisi mental yang dimiliki sang pendaki. Misalnya saja mengajak teman untuk mendaki bersama kalian. Pastikan kalian sudah tahu karakternya, supaya Teman Traveler tidak menggerutu dalam hati ketika ia melakukan hal yang tidak kalian suka.

Sedangkan kenyamanan dari luar, berhubungan dengan cuaca atau medan yang akan kalian lalui. Jadi, kalian harus membawa perlengkapan sesuai dengan cuaca dan juga medannya. Seperti jas hujan kalau memang sedang musim hujan.

Kenyamanan Saat Tidur

hal selama pendakian
Tempat istirahat yang nyaman (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Tak hanya di perjalanan, ketika kalian tidur pun juga perlu diperhatikan. Seperti lokasinya diusahakan harus di tempat yang datar agar tubuh tetap nyaman saat berbaring. Kemudian perlengkapan tidur seperti tenda, alas, jaket hingga sleeping bag yang harus dipastikan kelayakannya sebelum berangkat mendaki. Apabila ada yang rusak sedikit saja, maka kualitas tidur kalian akan terganggu. Akibatnya, bisa berimbas ke aktivitas kalian keesokan harinya.

Makanan yang Simple dan Tidak Melupakan Gizi

Membawa makanan yang bergizi (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Para pendaki biasanya memilih membawa makanan yang sederhana dan mengenyangkan. Jadilah mereka membawa mie instan yang kadar gizinya sangat kurang. Padahal, makanan sangat berpengaruh untuk memberikan tenaga pada pendaki saat melakukan perjalanan. Oleh karenanya, disarankan untuk memikirkan gizi dari makanan yang hendak Teman Traveler bawa.

Dokumentasi

Ilustrasi dokumentasi via pexels

Hal terakhir yang wajib diperhatikan adalah dokumentasi. Usahakan untuk mengabadikan momen di setiap tempat yang menurut kalian menarik. Hal ini bukan bertujuan untuk pamer di media sosial. Melainkan untuk kenangan bagi diri kalian sendiri yang belum tentu ke depannya masih bisa berkunjung ke gunung tersebut.

Jadi, itulah hal yang perlu diperhatikan selama pendakian. Hindari untuk melupakan salah satunya, karena semuanya berpengaruh kepada mood dan juga kelancaran pendakian. Bagaimana, apakah kalian sudah mencoba menerapkannya?

Tags
hal selama pendakian kontributor tips traveling
Share