4 Hal yang Dilarang Dilakukan Saat Berenang, Wajib Tahu!

Akhir-akhir ini ada berita mengejutkan dari akun instagram @mak_inpoh. Dikabarkan ada seorang anak laki-laki bernama Mario meninggal dunia saat berenang. Hal ini dikarenakan pada saat berenang, bocah tersebut sedang mengunyah makanan dan akhirnya apa yang dikonsumsinya tadi masuk ke dalam paru-paru. Dari kejadian ini, TravelingYuk akan memberi tahu apa saja yang dilarang dilakukan ketika berenang. Simak ulasannya berikut ini. 

Hindari Makan Sambil Berenang 

dilarang dilakukan saat berenang
Makan sambil berenang via shutterstock

Hal pertama yang wajib Teman Traveler perhatikan adalah hindari makan sambil berenang. Alasannya karena itu bisa mengakibatkan kejadian seperti yang dialami oleh Mario. Alangkah lebih baik untuk makan sebelum berenang. Namun, istirahatlah setelah makan selama satu jam atau lebih, dan barulah kalian bisa berenang. 

Perut yang baru terisi makanan akan meningkat suhunya karena sistem pencernaan yang sedang bekerja. Jadi, berbahaya untuk masuk ke kolam dengan air dingin dengan suhu tubuh yang sedang meningkat. 

Berenang Tanpa Pemanasan 

dilarang dilakukan saat berenang
Berenang tanpa pemanasan via shutterstock

Nah, untuk poin yang satu ini biasanya banyak dilakukan oleh orang awam, yaitu berenang tanpa pemanasan. Sebenarnya, pemanasan ini merupakan hal wajib yang dilakukan sebelum melakukan olahraga air satu ini.

Pemanasan dapat membantu mencegah kram atau pun kejang saat berenang nanti. Sudah sering orang berenang mengalami kejadian seperti itu karena tidak mau melakukan pemanasan.  

Berenang Tanpa Melihat Kedalaman Kolam 

Berenang tanpa melihat kedalaman kolam via shutterstock

Hal penting selanjutnya yang juga sering diabaikan adalah mengenai kedalaman kolam renang. Memperhatikan kedalaman kolam penting dilakukan, terutama untuk Teman Traveler yang berenang di kolam umum. Banyak arena bermain air yang menyediakan kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi.

Salah satu hal yang harus dihindari saat berenang adalah mendekati area kolam yang lebih dalam. Beberapa tempat berenang umum ada yang membuat satu kolam namun dengan kedalaman yang berbeda-beda. Mungkin tidak apa kalau terdapat pembatas di setiap kedalaman kolam. Namun, ada juga yang kolam yang hanya menunjukkan kedalaman tetapi tidak memiliki batas yang jelas. 

Berenang Tanpa Pengawasan 

Berenang tanpa pengawasan via shutterstock

Mungkin pengawasan saat berenang dianggap sepele untuk beberapa orang. Sebenarnya, pengawasan menjadi bagian penting untuk menghindari kecelakaan. Bukan saja untuk yang belum bisa berenang, ya. Bagi Teman Traveler yang sudah mahir pun sebaiknya memiliki pengawas atau setidaknya orang lain yang bisa melihat kalian sedang berenang. Jadi, mulai sekarang cari teman kalau kalian sedang berenang, ya. 

Itulah beberapa hal yang dilarang dilakukan pada saat berenang. Jangan sampai lupa ikuti tips liburan ini demi keselamatan ketika melakukan olahraga air tersebut. Pasti kalian tidak mau kan, olahraga yang seharusnya menyehatkan badan, justru membuat celaka. Teman Traveler siap liburan aman?

Tags
dilarang dilakukan saat berenang Indonesia info terbaru tips dan inspirasi tips traveling
Share