Traveler Wajib Tahu, Inilah 10 Hal Menyenangkan di Lombok

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Sayangnya, tempat ini seringkali kalah pamor dibandingkan dengan tetangganya, Bali. Padahal jika ditelisik, banyak hal menyenangkan di Lombok yang tak boleh dilewatkan traveler manapun.

Bagian dari wilayah Nusa Tenggara Barat tersebut memiliki pantai indah dengan hamparan pasir putih, lokasi surfing menantang, kawasan hijau memikat, dan juga kekayaan alam yang luar biasa. Berikut adalah daftar 10 hal menyenangkan di Lombok yang wajib diketahui wisatawan.

1. Belajar Surfing

Seorang wisatawan asyik surfing di Selong Belanak
Seorang wisatawan asyik surfing di Selong Belanak via Instagram gianlu_an

Selain menawarkan pemandangan indah, pantai di Lombok juga memiliki aliran ombak yang cukup menantang. Lombok sendiri merupakan lokasi pas bagi kamu yang tertarik mendalami olahraga bahari. Ada banyak sekali program kursus berselancar yang bisa kamu coba di sini.

2. Mendaki Gunung

Pasangan turis berhasil mendaki Gunung Rinjani
Pasangan turis berhasil mendaki Gunung Rinjani via Instagram tropfen_des_meres

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung api yang masih aktif di Indonesia dan mungkin sangat wajib dikunjungi di Lombok, terutama bagi para penggemar wisata petualangan.

Areal Gunung Rinjani menawarkan panorama gunung api yang mungkin termasuk salah satu terbaik di dunia. Namun untuk mendaki gunung ini, kamu harus menyiapkan waktu luang minimal tujuh hari, karena butuh 4 hari dan 3 malam untuk menyusuri jalur menuju puncak.

3. Rileks di Gili Trawangan

Wisatawan berfoto di Gili Trawangan
Wisatawan berfoto di Gili Trawangan via Instagram alixdebeer

Gili Trawangan merupakan salah satu tempat impian bagi para penggila pesta dan backpakers. Di sini kamu takkan menemukan sepeda motor karena semua orang berkeliling menggunakan sepeda biasa.

Bagi kamu yang mencari tempat bersantai yang nyaman dan tenang, bisa coba pergi ke bagian barat pulau. Di sana ada banyak sekali restoran dan resorts indah yang bisa kamu sewa. Sementara di sisi timur, ada banyak tempat yang menawarkan akomodasi lebih murah dan juga bar.

4. Bersepeda Santai

Bersepeda di Lombok
Bersepeda di Lombok via Instagram ariefbello

Bersepeda adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati indahnya pemandangan alam di Lombok. Kamu bisa mengikuti tur khusus untuk mengunjungi desa-desa di Lombok, area persawahan yang indah, pantai yang jarang terjamah, dan sekaligus merasakan keramahan warga lokal.

5. Naik Bukit Pergasingan

Pemandangan dari atas Bukit Pergasingan
Pemandangan dari atas Bukit Pergasingan via Instagram ejahshar

Mendaki Gunung Rinjani mungkin terlalu berat bagi sebagian orang, namun masih ada opsi lain, Bukit Pergasingan.

Lokasi ini menyajikan salah satu pemandangan terbaik di Lombok. Dari puncak, kamu bisa melihat Gunung Rinjani dengan begitu jelas. Untuk mencapai titik tersebut, dibutuhkan berjalan kaki sekitar empat jam. Selain itu lokasi ini juga pas sekali untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

6. Pergi ke Air Terjun Mangku Sakti

Pemandangan di Air Terjun Mangku Sakti
Pemandangan di Air Terjun Mangku Sakti via Instagram travelitha

Lombok memiliki banyak air terjun yang indah, dan salah satunya adalah Mangku Sakti. Pemandangan yang ada di sini benar-benar luar biasa, air mengalir begitu deras di tebing yang begitu menawan.

Air di Mangku Sakti tidak sejernih di air terjun lainnya, namun lebih ke arah putih seperti susu. Hal ini terjadi karena air Mangku Sakti mengalir dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani dan mengandung sulfur. Berendam di sini dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit kulit.

7. Kunjungi penangkaran mutiara

Penangkaran mutiara di Lombok
Penangkaran mutiara di Lombok via Instagram barunk15

Lombok dikenal sebagai penghasil mutiara kualitas tinggi di Indonesia. Maka tak perlu heran jika ada banyak toko suvenir yang menjual perhiasan dari mutiara.

Bagi yang tertarik, bisa mendaftar ke tur khusus untuk mengunjungi tempat penangkaran mutiara. Kamu akan berkesempatan mendatangi tiga tempat berbeda untuk melihat tiram hidup, mencoba memanen mutiara secara langsung, dan mempelajari dasar-dasar memilah mutiara.

8. Belajar tenun kain sasak

Ragam motif kain sasak
Ragam motif kain sasak via Instagram rijalanshar

Cobalah berkunjung ke desa Sukarara yang dikenal dengan kain tenun sasak-nya dan saksikan sendiri bagaimana para wanita di sana bekerja dengan anggun untuk menciptakan karya seni yang luar biasa. Para pengunjung juga bisa mencoba langsung sensasi menenun dan menciptakan kain dengan motif kreasi sendiri.

9. Kuliner Lombok

Kuliner Ayam Taliwang
Kuliner Ayam Taliwang via Instagram eslimah

Lombok mungkin tidak terlalu terkenal dengan kulinernya, namun masih ada beberapa masakan yang wajib kamu coba. Salah satunya Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. Sementara di Lombok Utara, kamu bisa mencoba Sate Ikan Tanjung yang sudah terkenal itu.

10. Pantai Pink

Keindahan Pantai Pink dari udara
Keindahan Pantai Pink dari udara via Instagram celotehbackpacker

Pantai satu ini mirip seperti yang kamu lihat di cerita-cerita dongeng. Pasir yang ada di sini berwarna pink bukan karena dibuat dari permen, namun karena adanya organisme khusus yang hidup di deretan karang dekat pantai.

Itulah tadi beberapa hal menyenangkan di Lombok yang wajib diketahui para pelancong. Bagaimana, semakin tertarik untuk mengunjungi tetangga-nya Bali ini?

Tags
Lombok Wisata
Share