4 Alasan Berkunjung ke Mars, Salah Satunya Tanahnya Bisa Ditanami Kentang!

Akhir-akhir ini sedang tren pembicaraan tentang wisata tata surya ke Planet Mars. Diceritakan oleh Elon Musk yang merupakan CEO SpaceX, bahwa untuk berwisata ke Planet Mars akan mengeluarkan kocek sekitar $500 ribu. Namun, biaya semahal itu sangat pantas karena ada sejumlah alasan menarik untuk berkunjung ke Mars. Apa saja ya kira-kira? Simak ulasan di bawah ini. 

1. Ada Sebuah Ngarai Layaknya Film 

alasan berkunjung ke mars
Valles Marineris via instagram/ediuliano

Siapa sangka, kalau Planet Mars ternyata punya sebuah ngarai. Bernama Valles Marineris yang berukuran raksasa. Apabila dihitung, ukurannya empat kali panjang Grand Canyon di Amerika Serikat. Banyak para ahli memperkirakan kalau ngarai satu ini terbentuk karena ada ledakan di wilayah Tharsis yang menjadi rumah 2 situs vulkanis raksasa beberapa waktu silam. 

2. Gunung Purba yang Terlihat Jelas di Permukaan Planet 

alasan berkunjung ke mars
Olympus Mons via instagram/randompistachio_

Selain ngarai, planet yang dekat dengan bumi ini juga punya gunung purba. Namanya adalah Olympus Mons yang termasuk gunung vulkanis ekstrem di tata surya. Berada di wilayah vulkanis Tharsis, gunung satu ini pernah mengalami erupsi sekitar 2 miliar tahun yang lalu. Untuk ukurannya sendiri, Olympus Mons lebih besar dari Mauna Loa yang merupakan salah satu gunung berapi yang membentuk Pulau Hawaii. 

3. Kemungkinan Tanahnya Bisa Ditanami Kentang 

Ilustrasi penanaman kentang di Mars via instagram/martianmovie

Ada hal mengejutkan yang perlu Teman Traveler ketahui tentang Planet Mars. Adalah tanah dari planet ini kemungkinan besar bisa ditanam kentang. Dave Lavery selaku Program Executive untuk Solar System Exploration di kantor pusat NASA mengatakan kalau hal tersebut bisa saja terjadi. Alasannya karena kandungan mineral dasar dan kimianya bisa mendukung pertumbuhan kentang. 

Bahkan, teori penanaman kentang ini diterapkan dalam sebuah film berjudul The Martian. Tokoh utamanya yaitu Watney mencoba menerapkan pengetahuannya untuk menanam kentang di Planet Mars. Hasilnya, kentang pun berhasil tumbuh dengan sempurna. 

4. Diperkirakan Pernah Ada Kehidupan 

Diperkirakan pernah ada kehidupan via instagram/luk_1001 

Planet yang identik dengan warna merah ini ternyata diperkirakan pernah ada kehidupan. Menurut sebuah laporan para ilmuwan, yang dipresentasikan dalam Goldschmidt Geochemistry Conference in Barcelona, kondisi di Mars pada dasarnya cukup mendukung adanya kehidupan di sana. Secara spesifik, Planet Mars punya iklim tropis yang ideal untuk mendukung kehidupan pada kisaran empat miliar tahun silam. 

Disebutkan lebih lanjut, permukaan Mars pada saat itu diprediksi memiliki air. Kondisinya pun cukup hangat dan lembab untuk memunculkan hujan badai dan banjir. Namun, masih belum diketahui kapan hal tersebut berlangsung dan berapa lama. 

Jadi, itulah beberapa alasan mengapa kalian harus berkunjung ke Mars . Cukup unik, karena planet ini ternyata punya sejumlah fakta heboh. Menurut kalian, mana nih fakta yang paling unik? 

Tags
hal menarik mars news
Share