Hadapi Bencana Alam Saat Sedang Traveling, Apa yang Harus Kamu Lakukan?

Bayangkan, kalian lagi asyik berlibur di sebuah wilayah. Tiba-tiba, terjadi bencana alam besar! Pastinya Teman Traveler akan panik, apalagi kalian berada di daerah yang asing. Kalau begitu, apa yang harus dilakukan jika berada di dalam peristiwa mengerikan tersebut? Ikuti langkah-langkah berikut ini!

1. Jauhi Hewan Liar yang Lari Karena Bencana Alam

Ilustrasi kuda liar via Shutterstock

Ketika bencana alam terjadi, hewan-hewan yang berada di hutan ataupun alam liar akan berhamburan keluar untuk mencari perlindungan. Hal ini terjadi karena insting mereka begitu kuat sehingga mampu mendeteksi terjadinya bencana dalam hitungan detik.

Akan sangat berbahaya jika berpapasan dengan hewan-hewan tersebut karena laju mereka yang tak terkendali. Sudah ada beberapa kasus korban jiwa berjatuhan karena terinjak-injak atau bahkan diserang oleh hewan yang panik. Maka dari itu, jauhilah hutan atau tempat-tempat yang berpotensi dijadikan tempat hewan-hewan tersebut menginap.

2. Hindari Pantai Sebisa Mungkin

Ilustrasi ombak pantai via Shutterstock

Saat bencana datang, terutama yang berkaitan dengan tsunami atau badai, ombak akan menunjukkan perilakunya yang tak wajar. Mulai dari ketinggiannya yang membesar atau malah surut secara tiba-tiba hingga jauh dari bibir pantai. Biasanya, hanya dalam hitungan menit, ombak akan berbalik menerjang pesisir hingga berpuluh-puluh meter.

Hal inilah yang membuat Teman Traveler harus menjauhi pantai dan mencari dataran yang lebih tinggi. Pencegahan ini penting untuk menghindari kita dari amukan gelombang yang tak bisa diprediksi.

3. Pergi ke Tempat Terbuka yang Jauh dari Tiang dan Bangunan Tinggi

Kejadian gempa bumi di Kathmandu, Nepal, 29 April 2015 via Shutterstock

Berlindung ke dalam bangunan tidak selalu menjadi opsi yang aman. Dalam kasus gempa bumi misalkan, gedung yang kalian singgahi bisa saja runtuh karena tak kuat menahan goyangan. Tentu Teman Traveler tidak mau tertimpa dan terkubur bangunan hidup-hidup, bukan?

Satu-satunya yang harus kalian lakukan adalah pergi ke lapangan terbuka yang bebas dari jangkauan tiang listrik ataupun bangunan berbentuk apapun. Ini akan sangat membantu Teman Traveler untuk menghindari ancaman benda-benda berat yang jatuh dari atas.

4. Tetap Tenang dan Ikuti Arahan Otoritas Setempat

Ilustrasi ikuti pihak otoritas setempat via Shutterstock

Nah, hal terbaik yang harus Teman Traveler lakukan adalah mematuhi arahan dari otoritas setempat, baik itu polisi, tentara, tenaga medis, dan sebagainya. Mereka jauh lebih paham medan mana yang aman dan bisa dipakai sebagai tempat evakuasi sementara.

Selain itu, tetaplah bersikap tenang dan jangan panik. Cobalah menarik dan mengeluarkan napas secara teratur sambil berusaha berpikir positif. Semakin tenang pembawaan kalian, fenomena alam ini bakal dilewati dengan baik.

5. Kontak Kedubes Saat Berada di Luar Negeri

Ilustrasi kedutaan besar Indonesia di luar negeri via Shutterstock

Ini yang tak kalah penting. Jika Teman Traveler sedang berlibur ke luar negeri dan terjadi bencana alam di sana, kedutaan besar atau konsulat menjadi pihak pertama yang harus dihubungi. Selain membantu proses evakuasi, mereka akan membantu menjadi perantara dengan pihak keluarga dan kerabat di Indonesia yang pastinya mencemaskan kondisi kalian.

Itulah tadi strategi yang harus kalian lakukan ketika terjadi bencana alam di tengah liburan. Semoga bisa jadi bekal berharga bagi Teman Traveler dalam menghadapi situasi terburuk.

Tags
Bencana Alam Indonesia Luar negeri tips dan inspirasi
Share