Tak Cuma Nemo, Kamu Dapat Bertemu Hewan Eksotis Ini di Laut Indonesia

Perairan Indonesia adalah wilayah yang kaya potensi bahari. Tak hanya pulau dan terumbu karang saja yang dapat kamu nikmati. Namun biota-biota bawah laut seperti clown fish, pari manta, bahkan hiu paus juga dapat ditemukan di perairan Indonesia. Berada pada titik-titik tertentu, hewan-hewan eksotis ini bisa ditemukan. Pada beberapa spot ini, kamu dapat menyelam bersama hiu paus.

1. Talisayan, Kalimantan Timur

Sebanyak 27 hiu paus hidup di sini [image source]
Talisayan adalah salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Lokasinya yang tak jauh dari perairan lepas menjadikan perairan tempat ini sebagai habitat hiu paus yang eksotis. Dilansir dari Tribun Kaltim, WWF Indonesia pada tahun 2015 mendata terdapat sebanyak 27 ekor hiu paus. Dengan komposisi 25 ekor jantan dan 2 betina.

Hiu paus di Talisayan [image source]

2. Pantai Botubarani, Gorontalo

Menjadi daya tarik wisatawan di gorontalo [image source]
Pantai yang berada di Kabupaten Bone Bolango ini mendadak didatangi banyak wisatawan sejak 4 tahun silam. Karena wilayah yang dulunya tak terlalu ramai ini menjadi habitat bagi hiu paus dan menjadi magnet bagi para pelancong. Bahkan tak perlu khawatir jika kamu tak mempunyai keahlian berenang atau menyelam. Di sini hiu paus dapat terlihat 20-30 meter dari tepi pantai.

Sekitar 20-30 meter dari tepi pantai [image source]

3. Teluk Cendrawasih, Nabire

Hiu di Shark Point Wakatobi [image source]
Spot ini berada dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang notabene juga menyimpan banyak keindahan taman bawah laut. Dari data WWF Indonesia, tercatat sebanyak 121 hiu paus yang hidup di wilayah ini. Ukurannya pun tak hanya sebesar perahu tradisional. Hiu paus jantan dewasa bisa mencapai panjang 4,4 meter.

Hiu di Shark Point Wakatobi [image source]

4. Shark Point, Wakatobi

Hiu di Shark Point Wakatobi [image source]
Untuk bertemu dengan hiu paus terdapat satu spot bernama shark point yang terletak di Pulau Wangi-Wangi. Biasanya mamalia ini berenang pada kedalaman 30 meter, namun tak jarang mereka juga berenang di permukaan. Selain hiu paus, di sini kamu juga dapat bertemu dengan pari manta dan paus sperma.

Hiu paus yang sedang berada tak jauh dari permukaan [image source]
Kecantikan mamalia laut ini memang sering menggoda penyelam untuk datang mendekat. Namun, kamu harus tetap berhati-hati. Bagaimana pun, mereka tetaplah hewan liar dengan insting yang tidak dapat dikendalikan. Kamu sudah tahu bahwa terdapat regulasi khusus untuk penyelam yang ingin mendekat dengan hiu paus?

Tags
Gorontalo Indonesia Kalimantan Timur Papua Sulawesi tenggara Wisata Alam
Share