Menengok 4 Gurun Pasir di Indonesia yang Tak Kalah Indah dari Sahara

Di mata warga negara asing, Indonesia merupakan mutiara yang selalu bersinar. Buktinya, sejak dahulu kala negara-negara lain kerap memperebutkan tanah yang kita pijak, entah hanya untuk berburu rempah atau sumber daya alam yang lain. Sampai sekarang pun Zamrud Khatulistiwa masih tetap menjadi primadona. Masih banyak kita temukan wajah-wajah ras Kaukasoid di Pulau Bali, Lombok dan tempat-tempat lain. Tak dapat dipungkiri, memang keindahan destinasi wisata di Indonesia mampu bersaing dengan tempat-tempat lain. Begitu pun dengan empat gurun pasir yang akan disebutkan di bawah ini.

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo [image source]
Tempat ini berada tak jauh dari Pantai Parangtritis dan Depok, Bantul, Yogyakarta. Keberadaan Gunung Merapi dan Merbabu turut andil dalam pembentukan Gumuk Pasir Parangkusumo. Mitosnya, pasir ini merupakan material vulkanik yang terbawa dan terkikis oleh arus Sungai Progo. Tak hanya menikmati ombak-ombak pasir yang terhampar, kamu juga dapat melakukan sand boarding di sini.

Lansekap Gurun Pasir yang luas [image source]

2. Pasir Berbisik Bromo

Padang pasir di Bromo [image source]
Penggunaan nama lokasi ini disebabkan karena pernah menjadi tempat shooting film dengan judul Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo pada tahun 2001. Pasir yang berbukit-bukit dan memiliki tekstur ombak ini tak jarang memikat wisatawan yang datang ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bahkan pengelola tur lokal sering memasukkan Pasir Berbisik sebagai salah satu destinasi ketika menjelajah Bromo.

Ombak pasir di Pasir Berbisik [image source]

3. Gurun Pasir Busung

Perbukitan pasir berwarna putih [image source]
Keunikan Gurun Pasir Busung adalah peninggalan dari bekas penambangan bauksit yang saat ini terbengkalai. Gundukan berwarna coklat menjadi magnet paling kuat yang mampu menarik wisatawan, terbukti tempat yang berada di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau ini kian melejit di sosial media.

Keindahan gundukan-gundukan pasir [image source]

4. Gumuk Pasir Toraja

Perbukitan pasir di Toraja [image source]
Di Grand Canyon, Amerika Serikat, kamu akan menemukan batuan dengan tekstur unik berwarna kuning kecoklatan, di sini kamu bisa menemukan hal yang hampir mirip. Bedanya Gumuk Pasir Toraja adalah perbukitan pasir dengan warna hitam. Masalah kontur pun tak terlalu jauh berbeda. Namun bentuk dari perbukitan pasir ini akan berubah-ubah, tergantung dari ke mana arah angin bertiup.

Tetap indah walaupun berwarna hitam [image source]
Tidak sulit untuk mencapai tempat unik yang telah disebutkan di atas. Bentuknya yang tak biasa pasti akan membuat foto-foto yang diambil menjadi lebih keren. Sudah mencari tanggal merah terdekat untuk berlibur?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Jawa Timur kepulauan riau Sulawesi Selatan Wisata Alam
Share