Menantang Maut, Jalan-Jalan ke Gurun Pasir di Afrika

Namibia, bagi sebagian besar orang bukanlah negara populer. Bahkan mayoritas masyarakat pasti akan menjawab “Tidak Tahu”, jika ditanya tentang keberadaan negara ini. Namibia adalah negara yang berada di sebelah utara Afrika Selatan. Menghadap ke arah barat Samudera Atlantik, vegetasi Namibia didominasi oleh Gurun Pasir. Salah satunya adalah Gurun Namib.

Biasanya, Gurun Pasir berada di daerah pedalaman yang jauh dari lautan. Namun, letak gurun Namib yang bersisihan langsung dengan Samudera Atlantik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Anda tidak perlu aktif jika hanya menikmati pesona Gurun Namib yang masih alami. Nah, jika Anda ingin mencoba kegiatan menarik di lingkungan gurun Namib. Empat kegiatan Anti Mainstream ini dapat menjadi pilihan Anda jika bertualang ke Gurun Namib.

1. Panjat Tebing, Memanjat Batu Setinggi 700 Meter

Komposisi dari Gurun Namib tak hanya padang pasir. Di daerah Spitzkoppe, batu-batu granit mendominasi kawasan gurun. Batu Granit berbentuk bulat dan menjulang hingga ketinggian 700 meter bagaikan fatamorgana di cakrawala luas Gurun Namib. Inilah yang menjadi daya tarik bagi climber dari seluruh penjuru dunia selama lebih dari tiga perempat abad.

Panjat Tebing, Memanjat Batu Setinggi 700 Meter (c) Danita Delimon
Panjat Tebing, Memanjat Batu Setinggi 700 Meter (c) Danita Delimon

Puncak pertama batu granit pernah dicapai pada tahun 1946. Di daerah ini terdapat lebih dari 200 rute pendakian dengan berbagai kesulitan trek. Untuk melakukan pendakian, disarankan untuk membawa peralatan sendiri, karena tidak ada tempat penyewaan peralatan panjat tebing.

2. Skydiving, Terjun Diatas Samudera Atlantik dan Gurun Namib

Mungkin ini adalah atraksi paling berbahaya dan menantang di gurun Namib. Melompat dari ketinggian, penerjun payung akan disuguhkan dengan pemandangan ombak besar Samudera Atlantik yang menabrak bukit pasir halus Gurun Namib. Melihat hal ini, pikiran Anda akan melayang dan jantung Anda pasti berdetak kencang seiring dengan terjun dari ketinggian 3.000 meter diatas permukaan laut.

Skydiving, Terjun Diatas Samudera Atlantik dan Gurun Namib (c) Mark Hills
Skydiving, Terjun Diatas Samudera Atlantik dan Gurun Namib (c) Mark Hills

Untuk melakukan atraksi terjun payung, Anda dapat menaiki pesawat kecil Cessna yang terbang selama 25 menit sebelum berada di zona melompat. Setelah itu, Anda akan menjatuhkan diri dari pesawat selama 30 detik, sebelum parasut keluar di ketinggian 1.500 meter. Bagi penerjun pemula, Ground Rush Adventures yang berbasis di daerah Swakopmund menawarkan kursus terjun payung singkat. Sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan terjun payung, namun minim pengalaman.

Selanjutnya: Sandboarding, Selancar di Gurun Pasir

Tags
Gurun Namib traveling
Share