5 Gunung yang Sering Didaki di Indonesia, Kamu Pernah ke Mana?

Sudah bukan hal yang asing lagi kalau generasi milenial lebih suka menghabiskan waktu berlibur dengan mendaki gunung. Ini dikarenakan gunung di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan pemandangan yang ditampilkan sangatlah memanjakan mata. Nah, melalui penelusuran Travelingyuk, ada beberapa gunung yang sering didaki di Indonesia. Apa kalian bisa menebaknya? Kalau belum, cek dulu yuk ulasan di bawah ini.

Gunung Semeru 

gunung yang sering didaki
Gunung Semeru via instagram/rohman_hadi55

Pertama, ada Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini tentu menjadi favorit karena menyediakan berbagai pemandangan indah.  Di etape pertama kalian akan disuguhi keindahan danau Ranu Kumbolo. Kemudian disusul dengan magisnya hamparan Lavender di Oro-Oro Ombo. 

Selain itu, pemandangan matahari terbit di bagian puncaknya selalu menunggu untuk dipandang. Namun, untuk menuju ke puncaknya, butuh kekuatan ekstra karena jalurnya yang cukup ekstrem, khususnya bagi para pemula. 

Gunung Rinjani 

gunung yang sering didaki
Gunung Rinjani via instagram/sukran.oreore

Selanjutnya, ada Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ada dua rute untuk mendaki Gunung Rinjani ini, yaitu dari Sembalun dan Senaru. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang dijamin membuat pendakian kalian menjadi menyenangkan. 

Rute Sembalun akan lebih banyak melewati padang savana, sedangkan Senaru akan banyak melewati hutan hujan tropis yang menjadi khas lansekap Indonesia. Perjalanan panjang menantang mungkin akan menjadi tekanan tersendiri, tetapi pemandangan di atas sana akan membayar semuanya. 

Gunung Merbabu 

gunung yang sering didaki
Gunung Merbabu via instagram/roh_kyt

Di posisi ketiga, ada Gunung Merbabu yang juga jadi favorit para pendaki. Biasanya, para pendaki memilih naik ke puncak setelah musim hujan berlalu. Ini dikarenakan padang savana yang ada di sana mulai menghijau. Untuk mencapai padang savana ini pendaki harus menaiki gunung di Jawa Tengah ini melalui jalur Selo. 

Gunung Papandayan 

Gunung Papandayan via twitter/helloFirsta

Untuk di Jawa Barat, ada Gunung Papandayan yang tepatnya berada di Garut. Keunikan Gunung Papandayan terletak di bagian kawahnya, di mana sebagian besar kawah dapat terlihat setelah mendaki ke puncak. Banyak uap yang keluar dari kawah menjadikan pemandangan semakin menakjubkan. Lalu hal yang menarik lainnya dari Gunung Papandayan adalah keberadaan hutan mati dan padang edelweiss di suatu tempat yang dinamakan Tegal Alun. 

Gunung Kerinci 

Gunung Kerinci via instagram/yudakharsana

Terakhir, ada Gunung Kerinci dengan ketinggian 3805 mdpl yang terletak di Jambi. Untuk mencapai puncak yang bernama Indrapura, pendaki harus melewati jalur dengan cara memanjat akar pepohonan dan merangkak. Jalur pendakian untuk Gunung Kerinci ada dua, yaitu jalur Kersik Tuo dan jalur Solok. Tapi biasanya pendaki lebih banyak menggunakan jalur Kersik Tuo.  

Jadi, itulah deretan gunung yang sering didaki di Indonesia. Ada yang di Jawa, Lombok hingga Jambi. Semuanya mempunyai kelebihan, baik dari ketinggian maupun keindahan panorama yang ditawarkan. Nah, Teman Traveler pernah mendaki ke gunung yang mana nih? 

Tags
Garut gunung yang sering didaki Indonesia Jambi Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Lombok Lumajang Nusa Tenggara Barat Wisata
Share