Gunung Sumbing si Gagah yang Sangat Mempesona

Salah satu ide terbaik untuk mengisi waktu liburan adalah dengan berwisata guna menyegarkan kembali pikiran. Lokasi wisata harus masuk dan menjadi list terdepan adalah gunung. Salah satunya Gunung Sumbing di Kabupaten Magelang, gunung tertinggi ketiga di Jawa yang sangat mempersona. Penasaran seperti apa? Yuk, simak perjalanan berikut ini.

Batu Besar Unik yang Tinggi Menjulang

batu_W0d.jpeg
Batu sungai besar menjulang tinggi khas Gunung Sumbing (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Di sepanjang perjalanan mendaki Gunung Sumbing pada jalur pendakian via Kaliangkrik, akan banyak ditemukan bebatuan tinggi yang menyerupai tebing-tebing tinggi. Bebatuan ini banyak disebut sungai karena sebagai sarana mengalirnya air menuju ke bawah. Bebatuan ini hanya dapat dilihat disepanjang perjalanan dari pos 2 menuju pos 3. Di kalangan pendaki, batu-batu besar ini adalah salah satu spot foto yang instagramable karena bentuk batunya unik dan jarang ditemui di gunung lain.

Sunrise yang Epic

sunrise_TqE.jpeg
Pemandangan sunrise Gunung Sumbing dangan background Gunung Merbabu dan Merapi (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung Sumbing dikenal sebagai salah satu gunung yang memiliki pemandangan sunrise terbaik. Di jalur pendakian via Kaliangkrik pada khususnya, gunung ini memiliki view sunrise dengan latar belakang deretan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Semburat kekuningan di pagi hari, dikolaborasikan dengan view gunung tentu saja menjadi pemandangan yang harus dikunjungi.

Lautan Awan yang Sangat Mempesona

awan__2__k4X.jpeg
Hamparan lautan awan yang indah (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Selain pemandangan sunrise dengan gugusan gunung yang mempesona, pemandangan lain sangat sempurna adalah lautan awannya. Awan bergulung yang berkumpul dan membentang sejauh mata memandang adalah salah satu pemandangan terindah membuat terharu siapa saja yang melihatnya karena saking menakjubkannya.

Cantigi Gunung, si Manis Penghuni Ketingggian

cantigi_sHN.jpeg
Cantigi gunung dan buahnya (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Cantigi gunung adalah salah satu jenis tanaman khas sering bisa dijumpai
di Gunung dengan ketinggian di atas 1000 mdpl. Cantigi ini adalah tanaman yang memiliki karakteristik daun hijau dengan pucuk daun berwarna kemerahan. Tanaman ini juga memiliki buah berbentuk bulat kecil dan dapat dimakan. Buah cantigi memiliki rasa manis, saat sudah matang dengan ciri-ciri kematangannya adalah buah tersebut berwarna ungu kehitaman.

Demikian perjalanan ke Gunung Sumbing keindahannya sangat menakjubkan. Jangan lupa agendakan liburanmu selanjutnya ke sana ya Teman Traveler.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor Magelang Travelingyuk
Share