Rekomendasi Gunung Sekitar Malang, Yuk Rencanakan Pendakianmu

Pertengahan tahun selalu jadi waktu tepat untuk mendaki Gunung. Adakah di antara Teman Traveler yang sudah merencanakan pendakian? Jika memang demikian, berikut adalah beberapa rekomendasi gunung sekitar Malang yang bisa jadi alternatif. Semuanya keren dan menarik, yuk simak penjelasan lengkapnya.

Gunung Semeru

Puncak Mahameru dari Jambangan (c) Rosita/Travelingyuk

Siapa tak ingin mendaki Semeru, gunung tertinggi Jawa? Gunung satu ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan tawarkan pesona alam yang sangat memukau. Salah satunya adalah Ranu Kumbolo yang selalu jadi primadona para pendaki.

Gerbang pendakian Semeru hanya satu, terletak di Desa Ranu Pani Kabupaten Lumajang. Seluruh keperluan yang harus Teman Traveler bawa sebagai pendaki akan diperiksa di sana, termasuk bukti perizinan dan briefing pendakian.

Perlu Teman Traveler ingat, bahwa pendakian Semeru juga tak sembarangan karena sudah 100 persen menggunakan sistem online. Tanpa melakukan registrasi sebelumnya, pendaki takkan diizinkan masuk kawasan Semeru. Selain itu, pihak Balai Besar TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) hanya memberi kuota 600 pendaki per hari.

Semua hal terkait aturan, persyaratan, formulir, hingga tata cara
pendaftaran dan pembayaran, bisa Teman Traveler akses di laman resmi TNBTS. Jadi pastikan semua terpenuhi sebelum berangkat ya.

Gunung Arjuna-Welirang

Gunung Arjuna dan Welirang dilihat dari Batu (c) Rosita/Travelingyuk

Gunung Arjuna dan Welirang letaknya berdampingan. Keduanya juga kerap jadi favorit para pendaki. Puncak Arjuna berada di ketinggian 3.339 mdpl, sementara Welirang, yang kerap menunjukkan aktivitas tiap harinya, di 3.156 mdpl.

Ada empat jalur yang bisa Teman Traveler pilih untuk mendaki Arjuna-Welirang. Bisa dari Batu, Lawang – Kabupaten Malang, Purwosari, atau Tretes. Dua jalur yang disebut terakhir masuk wilayah Kabupaten Pasuruan.

Dari empat jalur tersebut, Tretes merupakan yang paling ramai. Selain dilewati pendaki, rute ini juga kerap jadi jalur lalu-lalang para penambang belerang.

Gunung Bromo

Lanskap kawasan Bromo dari Seruni view point (c) Rosita/Travelingyuk

Siapa tak kenal Gunung Bromo? Gunung yang masuk kawasan TNBTS ini sudah begitu tersohor hingga mancanegara. Jika dibandingkan dengan gunung lainnya, Bromo memang tidak terlalu tinggi. Puncaknya ada di ketinggian 2.329 mdpl, berupa bibir kawah.

Teman Traveler tak perlu khawatir karena sekelilingnya sudah dilengkapi pagar demi keamanan wisatawan. Untuk mencapai puncak Bromo, kalian tinggal menapaki anak tangga dari lautan pasir. Oh ya, untuk akses Bromo bisa ditempuh lewat Lumajang, Pasuruan, maupun Probolinggo.

Gunung Butak

Pemandangan di sekitar Gunung Butak (c) Rosita/Travelingyuk

Gunung ini mungkin belum begitu populer di sebagian besar pendaki. Namun jangan salah, pemandangan alam yang disuguhkan Gunung Butak bakal membuat siapapun terpana. Dengan ketinggian 2.868 mdpl, Butak menawarkan tingkat kesulitan sedang, cocok untuk pendaki pemula.

Gunung di perbatasan Kabupaten Blitar dan Malang ini memiliki beberapa jalur pendakian. Teman Traveler bisa berangkat via Panderman di Batu atau Sirah Kencong di Kabupaten Blitar. Dalam perjalanan menuju puncak, kalian akan menemukan sebuah rumput luas dengan kontur tanah datar. Lokasi ini kerap jadi favorit pendaki untuk mendirikan tenda.

Itulah sekilas mengenai rekomendasi gunung sekitar Malang. Bisa jadi alternatif bagi Teman Traveler yang sedang rencanakan pendakian dalam bulan-bulan mendatang.

Tags
kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share