Gunung Pundak, Cocok Untuk Pendaki Newbie

Jawa Timur memiliki banyak destinasi pegunungan menakjubkan. Mulai puncak tertinggi hingga sedang, pendakian berat maupun ringan. Jika Teman Traveler belum cukup yakin melakukan pendakian berat, Gunung Pundak bisa menjadi pilihan alternatif.

Gunung Pundak memiliki medan ringan serta waktu tempuh singkat. Cocok buat menghabiskan akhir pekan sebagai pendaki baru. Penasaran? Simak ulasan saya menjelajahi wisata alam di Mojokerto ini.

Medan Pendakian Bersahabat

Gunung Pundak
jalur pertama setelah pos perijinan / (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Gunung Pundak berada di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Dari perempatan air panas, Teman Traveler bisa ambil jalur
lurus menuju Claket. Jika dari Trawas, kamu bisa ambil jalur jurusan Pacet
untuk menuju pos perijinan Tahura.

jalan setapak berpaving menuju pos peristirahatan  / (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Sebelum melakukan pendakian, Teman Traveler bisa menitipkan kendaraan di pos perijinan dan mengisi formulir administrasi. Harga tiket pendakian sekitar Rp 10.000-an dan parkir motor Rp 5.000-an.

Pemandangan asri dan menyegarkan siap memanjakan pendaki sejauh mata memandang. Eloknya tanaman palem berjejer di pinggir jalan menyambut wisatawan dan pendaki baru.

Jalur Pendakian

Akses jalan menuju Pundak cukup mudah dan landai. Dari pos perijinan terdapat jalan setapak dengan pepohonan hijau. Tidak jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di pos
pertama.

Gunung Pundak
Jalur pendakian landai (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Perjalanan selanjutnya yaitu memasuki kawasan hutan dengan jalur yang masih terbilang aman. Jalur pendakian tidak terlalu curam, sangat cocok bagi pendaki pemula atau bersama keluarga. Namun berhati-hati saat musim hujan karena jalan sedikit licin.

SumberAir Sangat Jernih    

Sumber Air Pundak (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Berjalan santai sembari menikmati pemandangan membuat tak terasa mendekati puncak. Di pos ketiga yang berlokasi di hutan bambu, terdapat 2 sumber mata air kecil namun sangat jernih dan dingin. Di sini Teman
Traveler bisa mengisi ulang bekal atau istirahat sejenak sambil menikmati
suasana alam yang tenang dan segar ditemani gemericik air.

Padang Sabana Menakjubkan

Gunung Pundak
Perjalanan turun puncak dengan pemandangan sabana menyegarkan / (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Usai recharge tenaga dengan mencoba air dari sumber pegunungan, saatnya melanjutkan perjalanan menuju puncak. Tak jauh dari sumber air, terbentang padang sabana luas yang sangat indah. Kelestarian alam yang utuh dan menakjubkan.

Hijau semak belukar dan pepohonan seakan membentuk harmoni indah yang bisa kalian rasakan hingga menuju puncak. Sesekali angin berhembus bisa menyapu lelah dan penat untuk pendaki.

Bermalam Di Puncak Gunung

Gunung Pundak
Puncak Pundak yang lapang untuk berkemah / (c) Dwi Wahyu Intani

Menikmati keindahan sabana sambil menelusuri jalan puncak berkelok adalah hal yang mengesankan selama pendakian. Dari jauh tampak warna-warni tenda pendaki sudah berjejer di puncak gunung. Di sini biasanya
pendaki menghabiskan malam dan menunggu keindahan matahari terbit. Area puncak yang terbuka dan lapang siap menyambut pendaki.

Diapit Gunung Welirang Dan Penanggungan

Gunung Pundak
Kemegahan Gunung Welirang dari puncak pundak (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Gunung pundak merupakan bagian bahu dari Welirang. Tak heran jika dari puncak tampak kemegahan Welirang dengan kepulan asap belerangnya. Di sisi lain Teman Traveler juga bisa menikmati keindahan Penanggungan.

Sungguh nikmat luar biasa berada di atas puncak Pundak dengan pemandangan pegunungan lainnya. Recommended untuk sesekali menjadi tempat ngadem dan mencari inspirasi tanpa harus mendaki berhari-hari.

Jangan lupa membawa bekal serta mematuhi syarat pendakian, agar aman selalu. Meskipun hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 2 jam, namun bekal sangat perlu dipertimbangkan.

Jadi, apakah Teman Traveler sudah menentukan destinasi pendakian di gunung Indonesia yang indah? Kalau belum, Gunung Pundak bisa menjadi tujuan pertama kamu. Selamat mendaki Teman Traveler. 

Tags
Gunung Pundak Indonesia Jawa Timur kontributor Mojokerto Travelingyuk
Share