Bertualang di Gunung Merbabu, Gapai Indahnya Puncak Kenteng Songo

Gunung kini sudah jadi pilihan tempat liburan banyak orang. Tak hanya mahasiswa pecinta alam, mendaki gunung sudah jadi tren menarik bagi para siswa SMP, SMA, hingga pekerja kantoran. Teman Traveler juga termasuk pecinta gunung? Cobalah taklukkan Puncak Kenteng Songo di Gunung Merbabu.

Keindahan yang Memanjakan

Berfoto bersama di sekitar puncak (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Merbabu adalah salah satu gunung di Jawa Tengah yang cukup diminati para pendaki. Selain suguhkan pemandangan apik di siang hari, panorama malam hari di sini pun tak kalah menarik. Cukup mendongak, kalian akan melihat langit bertaburkan bintang- bintang.

Ada Tiga Jalur Pendakian

Suasana di puncak (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Jalur pendakian via Selo adalah salah satu yang populer di kalangan pendaki Merbabu. Medannya cenderung mudah untuk pendaki amatir, terlebih bagi mereka yang sudah punya jam terbang tinggi. Pemandangan yang disajikan juga luar biasa cantik.

Jika tak ingin melewati Selo, Teman Traveler juga bisa menggapai puncak Merbabu lewat Basecamp Wekas di Magelang, atau Basecamp Thekelan di sekitar Salatiga. Manapun pilihan kalian, perjalanan dijamin bakal asyik kok.

Lebih Praktis via Selo

Pemandangan alam yang menakjubkan (c) Rachma Muslika/Travelingyuk
Menikmati suasana puncak (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, jalur yang relatif mudah menjadi keunggulan pendakian via Basecamp Selo. Di sini Teman Traveler akan melewati lima pos berbeda.

Mulai dari Pos 1 Dokmalang yang jaraknya 2-3 jam dari basecamp, Pos 2 Pandean dengan jarak 1-2 jam, Pos 3 Watu Tulis yang memakan waktu satu jam perjalanan, serta Pos 4 berupa sabana luas yang biasa digunakan para pendaki untuk mendirikan tenda bermalam. Di sini Teman Traveler bisa melihat indahnya rangkaian bunga edelweiss.

Sungguh mengagumkan bukan? (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Nah, pos terakhir sebelum puncak adalah Pos 5, yang lagi-lagi berupa sabana. Perjalanan menuju sini akan memakan waktu kurang lebih dua jam. Pemandangan di sekitar kawasan ini juga sangat mengagumkan. Jika cuaca sedang cerah, kalian bisa melihat indahnya Gunung Merapi.

Tiket Masuknya Murah

Gunung Merbabu
Sampai di Puncak Kenteng Songo (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Mendaki Gunung Merbabu, Teman Traveler cukup keluarkan biaya Rp17.000 untuk tiket masuk. Akses menuju beberapa basecamp masih gratis. Kalian bisa memanfaatkannya untuk beristirahat sejenak sebelum mulai mendaki.

Jika perut kalian sedang lapar, makanan di sekitar basecamp juga sangat murah kok. Cukup keluarkan uang sekitar Rp10.000, kalian sudah bisa mendapat nasi dan lauk, atau soto dengan porsi tak mengecewakan. Sementara untuk minumannya, rata-rata dibanderol Rp2.000 saja.

Puncak Kenteng Songo yang Menakjubkan

Gunung Merbabu
Panorama apik di puncak (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Merbabu punya tiga puncak Teman Traveler. Jika mendaki lewat jalur Selo, puncak pertama yang kalian lihat adalah Kenteng Songo, dengan ketinggian 3142mdpl. Puncak berikutnya adalah Syarif, dengan ketinggian 3119mdpl, dan terakhir ada Puncak Triangulasi yang berada di ketinggian 3166mdpl.

Kenteng merupakan puncak yang berada di antara tiga puncak Merbabu. Pemandangannya sungguh indah, benar-benar bikin rindu untuk segera menginjakkan kaki kembali di sini. Terlihat amat fantastis dengan banyak pegunungan di sekitarnya. Mulai dari Sindoro, Merapi, Sumbing, hingga Andong.

Gunung Merbabu
Berpose di Puncak Kentengsongo (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Jika Teman Traveler ingin coba mendaki gunung, Merbabu sangat direkomendasikan. Keindahannya benar-benar memukau, tak peduli saat hari terang maupun gelap. Oh ya, sebelum berangkat ke sini jangan lupa siapkan semua peralatan dengan baik. Bawa juga dokumen pelengkap seperti KTP, SIM, atau kartu pelajar, maupun Surat Keterangan Sehat.

Itulah pengalaman saya mendaki Gunung Merbabu dan menggapai Puncak Kenteng Songo. Bagaimana Teman Traveler, ada yang tertarik datang ke sini?

Tags
Boyolali kontributor Travelingyuk wisata boyolali
Share