Gunung Mayon, Gunung Berapi Berbentuk Kerucut Paling Sempurna di Dunia

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki gunung api aktif terbanyak di dunia. Namun dari semua gunung berapi di Indonesia, tidak ada satupun yang memiliki bentuk kerucut yang simetris. Tapi salah satu negara anggota Asia Tenggara memiliki gunung api berbentuk kerucut sempurna lho.

Gunung Mayon merupakan gunung api bertipe stratovolcano yang berada di Provinsi Albay, Pulau Luzon, Filipina. Gunung ini memiliki tinggi 2.462 meter dan menjadi gunung api yang terkenal karena bentuknya menyerupai kerucut yang hampir simetris. Karena kesimetrisannya itulah Mayon dianggap sebagai gunung api berbentuk kerucut paling sempurna di dunia. Jika dilihat sekilas gunung ini juga nampak seperti gunung Fujiyama di Jepang maka tak heran jika banyak orang menyebutnya dengan “Gunung Fujinya” Filipina.

Penampakan Gunung Mayon, Filipina (c) amusingplanet
Penampakan Gunung Mayon, Filipina (c) amusingplanet

Gunung Mayon juga menjadi salah satu gunung api paling aktif di Filipina. Dalam 400 tahun terakhir, gunung ini sudah meletus sebanyak 50 kali dimana letusan terakhir tercatat terjadi pada tahun 2013 silam. Latusan gunung Mayon terganas terjadi pada tahun 1814, dimana pada waktu itu letusan gunung Mayon merenggut lebih dari 1.200 korban jiwa dan menghancurkan beberapa kota disekitarnya. Hebatnya, gunung ini tetap mampu mempertahankan bentuk kerucutnya yang sempurna tanpa menderita keruntuhan ataupun meninggalkan lubang kawah yang menganga.

Gunung Mayon memiliki bentuk kerucut yang simetris nyaris sempurna (c) amusingplanet
Gunung Mayon memiliki bentuk kerucut yang simetris nyaris sempurna (c) amusingplanet

Gunung yang berdiri di antara lempeng Eurasia dan lempeng Filipina ini memiliki lereng yang sangat curam, rata-rata memiliki kemiringan hingga 35-40 derajat. Gunung Mayon sendiri telah terdaftar sebagai Taman Nasional dan kawasan lindung pada 20 Juli 1938 sekaligus mengukuhkannya sebagai Taman Nasional pertama di Filipina.

Penampakan Gunung Mayon dari ketinggian (c) amusingplanet
Penampakan Gunung Mayon dari ketinggian (c) amusingplanet

Keunikan lain yang dimiliki gunung api ini terletak pada pembagian wilayahnya. Secara geografis gunung Mayon terbagi menjadi 8 kota madya yang masing-masing batas kota bertemu di puncak gunung sehingga membagi gunung itu menjadi seperti irisan kue jika dilihat dari atas. Buat traveler yang ingin sekali melihat gunung Fuji namun ongkosnya tidak cukup untuk terbang ke Jepang, maka alternatif yang bisa diambil adalah mengunjungi gunung Mayon di Filipina ini. Siapa tahu dengan pengambilan sudut gambar yang tepat, Anda dapat mengelabuhi teman-teman Anda.

Tags
Filipina Gunung Mayon traveling
Share