Bukan Hanya Gunung Kawi, Ini 7 Gunung Keramat di Dunia

Gunung selalu menyimpan misteri dan keindahan yang dikagumi oleh kebanyakan orang. Kemegahannya yang tak tertandingi bagaikan magnet yang selalu menunggu untuk dijelajahi. Dibalik kegagahannya, ada beberapa gunung yang dianggap keramat di dunia. Kira-kira, gunung mana saja yang dimaksud? Ikuti jejak langkah Traveling Yuk berikut ini. 

1. Paektu Mountain, Korea

gunung keramat di dunia
Paektu Mountain via instagram/heatherafulton

Salah satu gunung yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar adalah Paektu Mountain. Berlokasi di Semenanjung Korea, gunung ini mempunyai banyak sejarah yang belum banyak orang tahu. Adalah gunung ini sempat menjadi saksi bisu perang gerilya Korea yang melawan Jepang. Selain itu, warga Korea percaya bahwa Paektu Mountain merupakan tempat asal leluhur mereka dan sebagai salah satu gunung “berjiwa”. 

Gunung ini pun menjadi populer, karena beberapa waktu lalu Presiden Korea Utara yakni Kim Jong Un mengunjunginya. Bukan berjalan kaki seperti biasa, tapi ia menggunakan kuda putih dan ditemani oleh beberapa kerabatnya. 

2. Kailash Mountain, Tibet

gunung keramat di dunia
Kailash Mountain via instagram/being.himachali_

Dataran Tinggi Tibet juga punya gunung sakral bernama Kailash Mountain. Dianggap keramat, karena masyarakat Hindu percaya kalau gunung tersebut adalah rumah bagi Dewa Siwa dan tempat terciptanya kehidupan abadi. Selain itu, Kailash Mountain adalah satu-satunya gunung yang disakralkan oleh lima agama, yakni Ayyavazhi, Bon, Buddha, Hindu, dan Jainisme. 

Tiap tahun, masyarakat sekitar Kailash melakukan sebuah ritual. Bernama Kora yang merupakan ritual mengelilingi Gunung Kailash. Sebenarnya, menginjakkan kaki di area gunung adalah tindakan yang melanggar kesucian. Namun, Kora dipercaya menghapus dosa selama hidup di dunia.

3. Gunung Agung, Bali 

Gunung Agung via instagram/tarinaminusta

Di Indonesia ada Gunung Agung yang penuh dengan kesucian. Para pemeluk kepercayaan Hindu Bali meyakini kalau Gunung Agung adalah tempat berdirinya istana yang dihuni para dewa. Maka dari itu, warga Bali menganggap gunung tersebut sebagai tempat keramat yang harus dijaga kesakralannya. Untuk menghormati kesakralannya, para pemeluk Agama Hindu di Bali mengadakan upacara persembahan di waktu tertentu.

4. Fuji Mountain, Jepang 

Fuji Mountain via instagram/jojotan513

Siapa yang tak kenal dengan Fuji Mountain? Gunung tertinggi di Jepang yang memiliki pesona tersendiri.  Puncaknya yang diselimuti salju dianggap sakral dan memiliki kekuatan gaib sejak berabad-abad lalu.

Puncak Fuji berkaitan erat dengan mitologi Jepang yang dianggap sebagai tempat tinggal dewa api dan dewi pepohonan dalam kepercayaan Shinto. Sementara para pemeluk agama Buddha percaya kalau gunung ini adalah kediaman Dainichi Nyorai yang merupakan Buddha Segala Kebijaksanaan Yang Bercahaya.

5. Kinabalu Mountain, Malaysia

Kinabalu Mountain via instagram/chodaejin82

Selanjutnya ada Malaysia yang punya gunung sakral bernama Kinabalu Mountain. Konon, nama Kinabalu memiliki arti gunung batu yang menjadi tempat bersemayam roh halus. Dari cerita masyarakat di sana, roh halus tersebut setiap harinya melakukan kegiatan seperti berladang. 

Oleh karena itulah, Gunung Kinabalu sangat dihormati masyarakat di sana. Bahkan menurut cerita, di zaman dahulu setiap pendaki yang ingin mendaki diwajibkan melakukan ritual monolob atau ritual penghormatan. Namun untuk sekarang, ritual monolob ini hanya dilakukan setahun sekali oleh Dukun atau Bobolian.

6. Mauna Kea Mountain, Hawaii

Mauna Kea via instagram/bejamin

Lalu di Hawaii, Amerika Serikat terdapat Mauna Kea Mountain yang juga sangat dikeramatkan. Menurut penduduk asli Hawaii, Mauna Kea bukan hanya sekedar gunung berapi. Melainkan tali pusar yang menghubungkan tanah dengan dewa-dewa. Oleh karenanya, gunung ini sampai sekarang mempunyai pesona tersendiri yang tak bisa dijelaskan.

7. Sinai Mountain, Mesir

Sinai Mountain via instagram/rady_a7md

Terakhir, ada Sinai Mountain yang berlokasi di Mesir. Gunung Sinai atau disebut juga Jabal Musa disakralkan oleh umat Muslim dan Kristiani. Di sini merupakan tempat Nabi Musa mendapatkan 10 perintah Tuhan. Lalu pada bagian puncaknya, terdapat sebuah gereja Kristen Ortodoks dan sebuah masjid untuk umat Muslim.

Deretan gunung yang dianggap keramat di dunia ini ternyata memiliki cerita tersendiri. Hampir seluruhnya berhubungan dengan mitologi yang sudah diyakini sejak dulu. Walaupun begitu, keindahannya tetap menjadi ciri khas dari gunung tersebut. Bagaimana, apa kalian tertarik untuk mengunjunginya? 

Tags
Bali gunung keramat di dunia jepang Korea Tempat Wisata Tibet
Share