Golden Sunrise di Gunung Ireng, Puncak Murkanya Raden Bratasena

Dekat dari pusat kota Jogja ada spot melihat matahari terbit yang indah. Tidak perlu jauh-jauh ke pantai, cukup datang ke Gunung Ireng di kawasan Desa Srumbung Jogja bisa menikmati golden sunrise, bahkan ada sejarah yang menyelimutinya lho. Penasaran seperti apa? Yuk, simak perjalanan di Puncak Murkanya Raden Bratasena berikut.

Perbukitan ‘Gunung Ireng’

lrm_export_37399431030101_20190829_201426432_1__yCx.jpeg
Pemandangan sekitar Gunung Ireng (c) Dinda Kartika/Travelingyuk

Gunung Ireng adalah sebuah lokasi di Gunung Kidul, Jogja. Meskipun bernama gunung tempat ini hanya sebuah bukit berbatu kecil dengan puncak yang gundul. Hal menariknya Teman Traveler bisa melihat pemandangan Kota Jogja dan gumpalan kabut dari atas bukit, membuat tempat ini disebut gunung.

Perjalanan Menuju Lokasi

1567086709015_1__SaS.jpg
Pemandangan sunrise dari Gunung Ireng (c) Dinda Kartika/Travelingyuk

Jarak dari pusat kota Jogja menuju bukit ini sekitar 22,4 km dan waktu tempuhnya 43 menit. Teman Traveler bisa membawa kendaraan bermotor ataupun mobil karena kondisi jalannya pun sudah beraspal sehingga nyaman untuk dilewati.

Perjalanan menuju ke sana nantinya akan melewati pedesaan yang jauh dari keramaian kota. Tidak ada supermarket, ATM, dan juga pom bensin. Jadi persiapkan segala keperluan sebelum pergi ya.

Sejarah yang Menyelimuti

1567085578458_1__7tl.jpg
Gubuk di Gunung Ireng (c) Dinda Kartika/Travelingyuk

Konon dibalik keindahan bukit ini tercipta dari sebuah amarah Raden Bratasena yang diganggu oleh sekelompok monyet nakal saat hendak bermain di atas Gunung Merapi.

Karena kesal, akhirnya Raden Bratasena menendang monyet-monyet itu dengan kekuatan luar biasa hingga dapat memecah batuan besar yang ada di puncak Gunung Merapi.

Pecahan batu besar itu pun berpencar dan salah satunya terhempas ke daerah Gunung Ireng ini. Makanya jangan heran kalau di bukit ini banyak sekali batuan vulkanis berwarna hitam.

Lokasi dan Waktu Terbaik Untuk Datang

2019_08_09_07_FTK.jpg
Memotret Pemandangan sunrise dari atas bebatuan (c) Dinda Kartika/Travelingyuk

Lokasinya ini tepatnya di Ngrancahan, Pengkok Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Bukit ini dibuka setiap hari dengan tiket masuk hanya Rp5.000.

Waktu terbaik untuk menuju Gunung Ireng ireng pukul 05.00 pagi. Tapi mungkin agak sedikit menyeramkan bagi yang pergi sendirian. Karena kondisi pedesaan masih gelap tentunya. Namun, kalau mau datang Jam 06.00 atau jam 07.00 pun tidak masalah karena keindahannya masih tetap bisa dinikmati.

Demikian perjalanan melihat golden sunrise di Gunung Ireng, jika Teman Traveler mencari spot sunrise lain daripada yang lain bisa datang ke sini. Bisa juga menjadi tujuan destinasi saat berlibur ke Jogja.

Tags
Indonesia Jogja kontributor Travelingyuk Wisata
Share