Lima Gunung Cantik Indonesia Ini Ternyata Pernah Didaki Tokoh Politik Indonesia

Advertisement

Indonesia bisa dibilang surganya para pendaki gunung. Terdapat puluhan gunung tersebar di seluruh wilayah Nusantara, masing-masing punya karakteristik dan pesona keindahan yang khas. Mendaki gunung menjadi kegiatan yang lumayan tren di kalangan anak muda belakangan ini. Namun tahukah kamu bahwa beberapa tokoh politik di Indonesia dulunya juga merupakan seorang pendaki gunung?

Daripada penasaran, berikut TravelingYuk sajikan daftar gunung yang pernah disambangi oleh para politisi Tanah Air. Siapa tahu semakin membuat Anda bersemangat dan terinspirasi merencanakan agenda liburan.

1. Gunung Kerinci

Gagahnya Gunung Kerinci, via Instagram Kementrianlhk

Gunung Kerinci terletak di antara perbatasan Sumatra Barat dan Jambi. Dengan ketinggian 3.805 meter di permukaan laut, gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Beberapa nama disematkan oleh para pendaki pada gunung yang diklaim masih aktif ini, seperti Gunung Gadang, Korinci, dan Puncak Indrapura. Gunung Kerinci, yang terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat, terakhir kali meletus pada 2009.

Jokowi (jongkok, dua dari kanan) ketika mendaki Gunung Kerinci, via Simomot

Pada 1983 silam, Gunung Kerinci pernah disambangi oleh seorang mahasiswa UGM bernama Joko Widodo. Tidak ada yang menyangka bahwa beberapa puluh tahun berselang, pria ceking asal Solo itu bakal menjadi presiden Indonesia.

2. Gunung Tambora

Pemandangan kawah Gunung Tambora, via Instagram Ayodolan

Gunung Tambora terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dengan lebar tujuh kilometer, gunung ini diklaim memiliki kawah paling lebar di seluruh dunia. Di sepanjang bibir kawah, terdapat hamparan padang pasir yang ditumbuhi bunga edelweis. Tambora sendiri sudah menjadi legenda di antara para pencinta gunung api. Hal ini karena pada 1815 silam, gunung ini sempat meletus begitu dahsyat hingga ledakannya terdengar hingga 1.200 mil jauhnya dan menyemburkan 160 km kubik (38 cu mi) yang empat kali lebih kuat dari letusan Krakatau tahun 1883.

Alm. Widjajono Partowadigdo saat masih aktif mendaki gunung, via Kompas

Gunung Tambora kini menjadi tempat wisata yang indah dan menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Tambora. Tempat ini pernah dikunjungi oleh mantan wakil Mentri ESDM Widjajono Partowidagdo, yang dikenal sebagai penggila gunung. Di Gunung Tambora pula beliau menghembuskan napas terakhirnya karena kelelahan pada 2012 silam. Sebelumnya, Pak Widjajono dikenal sebagai aktif mendaki gunung sejak SMA, dan bahkan sempat menaklukkan berbagai gunung di luar negeri, seperti Kilimanjaro dan Himalaya.

3. Gunung Welirang dan Arjuno

Gunung Welirang dan Gunung Arjuno berada dalam satu kawasan dan jalur pendakian. Kedua lokasi ini termasuk populer di kalangan pendaki gunung di Jawa Timur. Untuk mendaki kedua gunung tersebut tidak hanya dibutuhkan persiapan fisik, melainkan juga mental. Sebab sudah tidak terhitung banyaknya pendaki yang mengaku diganggu oleh kekuatan tak kasat mata selama berada di sana.

Pemandangan Gunung Welirang, via Instagram Bayup.izue

Terlepas dari nuansa mistis yang menyelimuti dua gunung tersebut, Welirang dan Arjuno hingga kini masih cukup ramai dipadati para pendaki. Salah satu tokoh politik terkenal yang pernah menjejakkan kakinya di sana adalah Khofifah Indar Parawansa. Semasa mudanya, Ibu Khofifah merupakan seorang mahasiswa pecinta alam dan tergabung dalam Impala Universitas Airlangga. Ia juga menjad aktivis di pergerakan mahasiswa PMII.

4. Gunung Sindoro

Seorang pendaki berpose dengan latar belakang Gunung Sindoro, via Instagram Pendakimukalama_id

Gunung Sindoro terletak di provinsi Jawa Tengah dan merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Tingginya mencapai 3.150 meter di atas permukaan laut, dan berdampingan dengan Gunung Sumbing. Gunung Sindoro terakhir meletus pada 1906 silam.

Ganjar Pranowo (kenakan topi) saat mendaki Gunung Sindoro, via Instagram Palaci_8

Biasa disebut juga dengan nama Sundoro atau Sindara, gunung berapi ini ternyata pernah didaki oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Fakta ini terungkap lewat sebuah bukti foto pendakian sekelompok pemuda ke Gunung Sindoro pada 1988 silam.

5. Gunung Ijen

Pemandangan kawah di Gunung Ijen via Instagram Aank_bird

Baru-baru ini Gunung Ijen kedatangan tamu istimewa. Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mendaki Gunung Ijen pada 2 Maret 2018. Bersama rombongan dari beberapa Kementerian, Sri Mulyani dan Luhut Panjaitan mendaki mulai pukul 02:00 dini hari dan sampai di puncak pada pukul 04:00 dini hari. Kegiatan mendaki ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata Voyage to Indonesia.

Sri Mulyani di Kawah Ijen via Facebook Sri Mulyani Indrawati

Gunung Ijen terletak di antara perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung setinggi 2.443 meter ini dikenal dengan kawahnya yang luar biasa dan memancarkan api biru atau blue fire. Statusnya masih aktif, dan diketahui terakhir meletus pada 1999 silam.

Itulah beberapa lokasi pendakian yang pernah disambangi oleh para politisi terkenal di Tanah Air. Bagaimana, tertarik untuk mengikuti jejak mereka dalam waktu dekat? Jangan lupa mempersiapkan semuanya dengan baik ya.

Advertisement
Tags
gunung arjuno Gunung Ijen Gunung Kerinci Gunung Sindoro Gunung Tambora gunung welirang Jawa Tengah Jawa Timur Sumatra Barat Wisata
Share