Gunung Buthak, Si Mungil yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Adakah di antara Teman Traveler yang sedang merencanakan pendakian? Jika memang demikian, tak ada salahnya mempertimbangkan Gunung Buthak. Rute yang tersaji menawarkan tingkat kesulitan sedang, cocok untuk pendaki pemula.

img_3030_FOl.jpg
Padang Sabana di sekitar Buthak (c) Rosita/Travelingyuk

Lokasinya juga berada tak jauh dari Gunung Panderman di Kota Batu. Sangat mudah dijangkau jika Teman Traveler kebetulan sedang berada di sekitaran Malang atau Kota Apel. Yuk, simak ulasan saya selengkapnya soal pendakian di Gunung Buthak.

Pas untuk Pendaki Pemula

img_2853_Zcp.jpg
Gunung Arjuno tampak dari puncak Buthak (c) Rosita/Travelingyuk

Gunung Buthak mungkin belum terlalu populer di kalangan pendaki. Namun jangan salah, pemandangan yang disuguhkan bakal membuat kalian terpikat. Apalagi, gunung ini punya padang sabana yang sangat luas. Terlihat sangat cantik dan memesona.

Buthak berada di sisi barat Malang, tepatnya di deretan Gunung Panderman. Secara administratif posisinya masuk dalam wilayah Kabupaten Blitar dan Malang. Jika dibandingkan dengan gunung lain di Jawa Timur, destinasi satu ini termasuk mungil. Oleh karena itu sangat cocok dijadikan pilihan oleh para pendaki pemula.

Punya Beberapa Jalur Pendakian

img_3014_YcE.jpg
Pemandangan di sepanjang pendakian (c) Rosita/Travelingyuk

Buthak memiliki beberapa jalur pendakian resmi. Teman Traveler mengambil rute via Panderman atau Sirah Kencong. Di antara dua jalur tersebut, rute yang disebut pertama jadi favorit. Meski lebih jauh, jalur dekat Kota Batu ini dianggap lebih praktis. Teman Traveler cukup teruskan perjalanan ke arah kanan menuju ke Buthak.

Jalur kedua, Sirah Kencong, berada di area perkebunan teh milik Persero Perkebunan Bantaran PTPN XII di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi. Jika memilih jalur ini, Teman Traveler akan melewati hamparan perkebunan lebih dulu. Namun yang patut kalian ingat, jalur ini tidak memiliki sumber mata air.

Estimasi Waktu Pendakian

img_3029_uEC.jpg
Padang Sabana (c) Rosita/Travelingyuk

Buthak memiliki ketinggian 2.868 mdpl, cukup mungil jika dibanding gunung lain di Jawa Timur. Cocok bagi pemula karena memiliki rute pendakian dengan tingkat kesulitan sedang. Meski begitu, pemandangan alam yang disuguhkan pasti akan membuat kalian takjub.

Setelah berjalan sekitar delapan jam dari basecamp, Teman Traveler akan tiba di sabana luas. Tempat ini sangat ideal untuk mendirikan tenda. Berikutnya, perjalanan dari sabana menuju puncak hanya butuh waktu sekitar satu jam.

Begitu sampai tujuan, Teman Traveler bakal disuguhi pemandangan luar biasa indah. Dari kejauhan bakal nampak gagahnya Gunung Arjuno dan Semeru. Kedua gunung tersebut terlihat megah dengan selimut awan serta kabut.

img_28691_ZAJ.jpg
Puncak Mahameru dari Buthak (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai pendakian Gunung Buthak, salah satu destinasi di Jawa Timur yang cocok untuk pendaki pemula. Yuk, segera wujudkan rencana jelajah wisata Malang atau Blitar untuk menjajalnya. Siap untuk menaklukkan puncak gunung satu ini?

Tags
Batu gunung buthak kontributor Malang Travelingyuk wisata batu wisata malang
Share