Ini Dia Gunung Bagus Paliyan di Gunungkidul yang Viral! Hijaunya Ingatkan Padang Rumput di New Zealand

Advertisement

Bukit-bukit di Sumba atau New Zealand yang hijau, jangan diragukan lagi soal keindahannya. Mereka hadir seperti obat yang menjauhkan kita dari penat. Untuk Teman Traveler yang tinggal di sekitar Jogja, terutama Gunungkidul, sekarang nggak perlu jauh-jauh ke Sumba apalagi luar negeri untuk dapat menikmati hijaunya perbukitan. Belakangan, di media sosial viral Gunung Bagus Paliyan di Gunungkidul yang tampilannya takkalah hijau dengan New Zealand. Penasaran? Berikut ulasannya!

1. Viral Mirip dengan Bukit-bukit di Sumba

Hijau Berbukit-bukit Seperti New Zealand via Instagram/ gunungkidrone

Disebut-sebut mirip dengan bukit-bukit yang ada di Sumba atau New Zealand, nyatanya Gunung Bagus Paliyan memang demikian. Sejauh mata memandang yang tertangkap oleh mata hanyalah warna-warna hijau yang menyegarkan. Kawasan ini berbukit-bukit, bahkan jika dilihat dari atas ia menampilkan sebuah pola yang cantik. Takheran jika ia tengah viral di media sosial! Teman Traveler harus coba berkunjung ke tempat hits ini ya!

2. Berada di Area Hutan Rakyat

Merupakan Hutan Rakyat via Instagram/ dwiriyantoo

Lokasi yang tengah viral di media sosial ini sebenarnya merupakan sebuah area yang ada di Hutan Rakyat di kawasan Gunung Bagus, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul. Kawasan hutan rakyat ini kemudian berubah menjadi seperti tampilannya yang sekarang. Sebelumnya, area ini merupakan hutan Pohon Jati yang rindang.

3. Semula Hutan Jati, Kini Ditanami Jagung

Hutan Jati yang Ditanami Jagung via Instagram/ romeography

Beberapa waktu lalu, hutan rakyat di kawasan Gunung Bagus ini ditanami oleh banyak Pohon Jati. Namun hutan jati tersebut dibabat untuk diganti dengan jati varietas unggul. Sembari menunggu Pohon Jati tersebut tumbuh, masyarakat memanfaatkan lahan tersebut untuk menanam jagung.

Hijaunya Bikin Betah via Instagram/ dwiped

Dari proses pembabatan inilah diketahui bahwa kawasan seluas 82 hektar ini berbentuk bukit-bukit. Kini, tanaman jagung yang ditanam warga sudah setinggi dada orang dewasa dan banyak dijadikan sebagai spot berfoto.

4. Diizinkan Foto Asal Tidak Merusak Tanaman

Diizinkan Berfoto Asal Tidak Merusak Tanaman via Instagram/ dimasagungpradipta

Gunung Bagus Paliyan di Gunungkidul seketika langsung menarik banyak orang untuk datang dan berfoto. Namun, karena merupakan lahan pertanian milik masyarakat dan dikelola oleh petani, jangan sampai kedatangan Teman Traveler justru merusak tanaman yang sudah ada ya. Para petani tidak keberatan dengan kedatangan banyak pengunjung, tetapi harus tetap menjaga ladang yang dikelola oleh petani atau pemerintah.

Dari Atas Membentuk Pola via Instagram/ taufiqurhman_

Gunung Bagus Paliyan di Gunungkidul yang mirip dengan Sumba atau New Zealand ini bisa menjadi jujugan saat Teman Traveler mengunjungi dan berlibur ke Jogja. Siapkan saja gaya terbaik ya. Jangan salah ambil angle agar hijaunya kawasan ini dapat tertangkap dengan sempurna. Jadi kapan berangkat?

Advertisement
Tags
Gunung Bagus Paliyan Gunungkidul Indonesia Jogja Wisata Wisata Gunungkidul
Share