Gunung Andong, Pendakian Ramah Pemula dan Memanjakan Mata

Advertisement

Mendaki gunung telah menjadi aktivitas seru yang digemari berbagai kalangan. Maka tak heran, jika gunung kini tak sesunyi dahulu. Bahkan, beberapa gunung pun bisa penuh sesak bak pasar, terutama saat akhir pekan tiba.

Gunung Andong
Gunung Andong via Instagram @tyoeko10

Salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki adalah Gunung Andong yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memang terhitung “ramah” untuk pendaki karena hanya memiliki ketinggian 1726 MDPL. Jalur pendakiannya tak terlalu ekstrim dan hanya membutuhkan sekitar 2 hingga 3 jam saja untuk mencapai puncak.

Karena jalur yang tak terlalu ekstrim dan tidak membutuhkan waktu lama, banyak para pendaki hanya membawa satu botol minuman dan tanpa mendirikan tenda atau bermalam di sana. Atau dalam istilah pendakian dikenal dengan sebutan ‘tek-tok’. Tiket masuk Gunung Andong hanya sekitar Rp.15.000 saja dan sudah termasuk biaya parkir. 

Untuk mendaki Gunung Andong, kita bisa melewati jalur Dusun Sawit, Pendem, Gogik atau Kembangan. Namun, jalur favorit para pendaki biasanya adalah jalur  Sawit. Gunung ini juga sangat cocok untuk para pemburu sunrise dan sunset.

Bagi Teman Traveler yang mendaki via Sawit,  juga terdapat sumber air yang terletak tak jauh dari pos 3 sehingga tak perlu bingung membawa banyak cadangan air saat mendaki. Di puncak gunung pun tersedia warung yang menjajakan kopi, mis instan hingga nasi bungkus. Terkadang para pendaki pun beristirahat di dalam warung sehingga tak perlu repot mendirikan tenda.

Meski tak terlalu tinggi, Gunung Andong juga menyajikan pemandangan yang memanjakan mata. KIta juga bisa melihat eksotisme Gunung Merbabu dari jalur pendakian. Sawah atau perkebunan warga pun terbentang luas dan semakin menambah eksotisme gunung ini. Beberapa pos pendakian pun juga dikelilingi oleh pepohonan tinggi menjulang yang menambah kerindangan jalur pendakian.

Bagi teman traveller yang ingin menyaksikan sunrise tanpa perlu mendirikan tenda, cobalah untuk mendaki Gunung Andong pada pukul 03.00 WIB. Namun bagi pemburu sunset, kalian bisa memulai pendakian pada pukul 16.00 WIB.

Meski jalur pendakian ramah pemula, kita tetap memerlukan peralatan yang memadai saat mendaki, termasuk untuk alas kaki.  Sebaiknya, gunakanlah sepatu atau sandal gunung karena beberapa medan pendakian juga berupa bebatuan dan terdpat akar-akar pepohonan. Selain itu, jangan pernah mencoret-coret bebatuan dan membuang sampah sembarangan. Sebelum memulai pendakian ada baiknya kita juga berdoa demi keselamatan.

Advertisement
Tags
Gunung
Share