Gunung Agung Berstatus Awas, 5 Negara Imbau Warganya di Bali

Pusat vulkanologi dan mitigasi bencana Geologis (PVMBG) menaikan status Gunung Agung dari level III (siaga) menjadi level IV (awas). Warga dan wisatawan diimbau tidak beraktivitas pada radius sembilan kilometer ditambah perluasan sektoral ke arah Utara, Tenggara dan Selatan-Barat daya sejauh 12 kilometer dari kawah. Menyusul status tersebut yang terus meningkat, sejumlah negara sudah menghimbau warganya yang berlibur di Bali.

1. Amerika Serikat

Turis dari Amerika diimbau tidak mendekati Gunung Agung.
Turis dari Amerika diimbau tidak mendekati Gunung Agung. [image source]
Dilansir dari id.usembassy.gov, Konsulat Amerika Serikat di Surabaya secara resmi memberikan travel advice (imbauan perjalanan) bagi warganya di Bali. Mereka menghimbau agar warga Amerika di Bali untuk menghindari perjalanan di daerah sekitar Gunung Agung. Mereka diminta untuk saling berkabar kepada sesamanya dan selalu memantau perkembangan melalui media sosial. Bagi yang memerlukan bantuan diharap untuk segera menghubungi Konsulat Jenderal AS di Surabaya. Imbauan perjalanan itu juga disertai link informasi perkembangan Gunung Agung di esdm.go.id.

2. Australia

Jumlah Turis di Indonesia
Turis dari Australias diimbau tidak mendekati Gunung Agung. [image source]
Pemerintah Australia dikutip dari smartertraveler.gov.au secara resmi mengimbau warganya yang berlibur di Bali untuk memantau media massa dan mengikuti instruksi otoritas setempat. Erupsi Gunung Agung juga bisa berimbas pada penerbangan Indonesia. Warga Australia juga diminta untuk memastikan rencana penerbangan.

3. Singapura

Turis dari Singapura diimbau tidak mendekati Gunung Agung. [image source]
Turis dari Singapura diimbau tidak mendekati Gunung Agung. [image source]
Dilansir dari The Straits Times, Pemerintah Singapura mengimbau warganya agar menghindari perjalanan di sekitar Gunung Agung dan daerah yang diprediksi terkena dampak letusan gunung berapi. Mereka juga diminta memantau berita dan mengindahkan instruksi dari pemerintah daerah. Warga Singapura juga disarankan untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman sehingga keselamatan mereka diketahui.

4. Selandia Baru

Turis dari Selandia Baru diimbau tidak mendekati Gunung Agung. [image source]
Warga Selandia Baru yang akan liburan diminta untuk memberi konfirmasi ulang rencana penerbangan dari dan menuju Bali ke agen perjalanan atau maskapai bila terjadi asap vulkanik dari Gunung Agung. Bagi yang sudah berada di Bali diminta untuk menghindari perjalanan ke Gunung Agung dan memantau berita terkini.

5. Inggris

Turis Amerika di Bali.
Turis Inggris di Bali. [image source]
Pemerintah Inggris mengimbau warganya di Bali untuk menjauh dari radius terdampak letusan Gunung Agung. Mereka juga diminta untuk berkoordinasi dengan agen perjalanan terkait penerbangan dan selalu memantau perkembangan berita dari media masa.

Nah, bagi kamu yang sedang liburan di Bali juga, hati-hati juga ya.

Tags
amerika Bali Gunung Indonesia
Share