Gudeg Kayu Hj. Budiharjo yang Melegenda di Jogja, Alternatif Kuliner Tengah Malam

Sudah menjadi rahasia umum jika gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang populer. Bahkan kamu tidak harus pergi ke Jogja untuk mendapatkan gudeg enak. Namun tentu saja, mencicipi gudeg di tempat asalnya langsung akan memberikan sensasi tersendiri. Banyak gudeg yang enak di Jogja, salah satunya adalah Gudeg Kayu Hj. Budiharjo. Alternatif untuk kamu yang lapar tengah malam. Yuk, lihat lebih dekat.

Gudeg Legendaris di Jogja Sejak Tahun 1973

Kenikmatan yang sulit ditampik, via Instagram/radenrental
Kenikmatan yang sulit ditampik, via Instagram/radenrental

Gudeg Kayu Hj. Budiharjo ini sudah berdiri sejak tahun 1973. Dan perintisnya pertama kali adalah Ibu Hj. Budiharjo sendiri. Beliau membuka usaha kuliner ini saat masih berusia 39 tahun. Saat ini usahanya sudah menjadi salah satu tempat legendaris yang memiliki banyak pelanggan. Tidak sendiri, saat berjualan Ibu Hj. Budiharjo dibantu oleh anaknya yang bernama Ibu Martini.

Asal Mula Disebut Gudeg Kayu

Pilihan saat lapar tengah malam, via Instagram/kebeletmakan
Pilihan saat lapar tengah malam, via Instagram/kebeletmakan

Saat pertama kali mendengarnya, kamu pasti akan bertanya-tanya, apakah gudeg ini terbuat dari kayu? Ternyata cikal bakal penamaan tempat makan ini lantaran lokasi berjualannya di sebuah toko kayu. Sehingga dengan menyebut Gudeg Kayu, orang-orang lebih mudah mengingatnya.

Menawarkan Dua Menu Saja Namun Banyak Pelanggan

Sibuk melayani pembeli, via Instagram/jeng_thea
Sibuk melayani pembeli, via Instagram/jeng_thea

Gudeg Kayu Hj. Budiharjo menawarkan dua menu berat, yakni gudeg dan pecel. Tentu saja yang menjadi primadona di sini adalah gudegnya. Satu porsi gudeg akan memberikan kombinasi rasa yang istimewa, perpaduan antara pedas dari sambal kreceknya, ditambah dengan gudegnya yang manis dan gurih.

Alamat Gudeg Kayu Hj. Budiharjo

Gudeg komplit yang menggugah selera, via Instagram/merekammakan
Gudeg komplit yang menggugah selera, via Instagram/merekammakan

Awalnya, tempat makan legendaris Jogja satu ini berada di sebuah toko kayu yang berada di samping utara Hotel Saphir Jogja, namun sudah pindah beberapa tahun yang lalu.

Kini Gudeg Kayu Hj. Budiharjo bisa dinikmati di Jl. Laksda Adisucipto No. 18, Jogja. Tepatnya berada di depan Toko Besi Sinar Logam. Buka mulai dari jam 17:00 hingga pukul 24:00 WIB. Harganya, mulai dari Rp11.000 saja.

Ayo mampir, via Instagram/javafoodie
Ayo mampir, via Instagram/javafoodie

Jalan-jalan ke Jogja tanpa menikmati gudeg adalah hal yang sia-sia. Ada banyak pilihan, Gudeg Kayu Hj. Budiharjo salah satu yang bisa dicoba saat Teman Traveler kelaparan di tengah malam. Bagaimana, mau ajak siapa nih?

Tags
Gudeh Kayu Bu Hj. Budiharjo Indonesia Jogja kuliner Jogja
Share