4 Gudeg di Solo dengan Cita Rasa Unik dan Menggigit

Siapa bilang gudeg hanya ditemukan di Jogja. Saat liburan ke Solo, kamu juga dapat menemukan hidangan istimewa ini. Tak jauh beda, menu ini disajikan bersama dengan nasi hangat serta tambahan ayam atau lauk lainnya. Bedanya pada cita rasanya yang tak terlalu manis. Lalu, di mana saja dapat menemukan gudeg di Solo. Yuk, intip rekomendasinya berikut ini.

1. Gudeg Bu Mari

Gudeg Bu Mari
Gudeg Bu Mari via instagram/@tahufix

Warung pertama yang menawarkan menu gudeg di Solo ada di Jalan Gatot Subroto. Namanya Gudeg Bu Mari dengan sajian andalan berupa seporsi nasi hangat, gudeg, tahu putih, tahu kulit, telur dan ayam. Selain menawarkan gudeg, warung ini juga terkenal dengan cekernya. Mau beli seporsi dengan 10 biji ceker juga bisa. Tak hanya itu, ada juga bubur lemu yang terkenal dan difavoritkan pecinta kuliner. Hidangan ini berupa bubur yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan gudeg. Rasanya? Tentu saja nendang.

Gudeg Bu Mari, Solo
Gudeg Bu Mari, Solo via instagram/@kyirfano

2. Gudeg Mbak Yus

Gudeg Mbak Yus, Solo
Gudeg Mbak Yus, Solo via instagram/@lellyerika119

Gudeg tak hanya nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Bahkan dengan potongan lontong tetap mantap. Seperti Gudeg Mbak Yus yang berada di RA Kartini, Timuran, Banjarsari. Warung makan ini menyediakan lontong dengan gudeg serta opor ayam yang lezatnya bikin terngiang-ngiang. Selain itu, kamu juga bisa menambah uritan atau ceker pedas yang menggugah selera. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Jadi ngiler dengan kuliner di Solo ini kan?

Gudeg Mbak Yus
Gudeg Mbak Yus via instagram/@agdadow

3. Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno
Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno via instagram/@agusiagus

Hampir sebagian besar warung gudeg di Solo identik dengan tambahan ceker pedas. Begitu pula dengan Gudeg Ceker Bu Kasno atau Gudeg Ceker Margoyudan yang berada di Jalan Monginsidi. Seporsinya terdiri dari nasi hangat, kerecek, ceker ayam, ati ampela, serta kerupuk sebagai pelengkap hidangan. Jenis gudegnya basah dengan kuah kental. Jangan salah, menu lezat di sini hanya ada di malam hari.

Gudeg Ceker Margoyudan
Gudeg Ceker Margoyudan via instagram/@jlkurniawan

4. Gudeg Ceker Bu Yati

Gudeg Ceker Bu Yati, Solo
Gudeg Ceker Bu Yati, Solo via instagram/@kulinerjogja

Selain rasanya yang tak terlalu manis, gudeg Solo juga lebih pedas. Pun demikian, penggemarnya tidak sedikit. Begitu pula penggemar gudeg ceker Bu Yati yang berada di kawasan Keprabon, tepat di Jalan Ronggowarsito. Buka dari jam 6 sore, menu di sini tak jauh beda dengan gudeg Solo lainnya. Ada tambahan ceker dan aneka lauk lain seperti uritan, babat, hingga sate telur. Rasanya nikmat, apalagi bumbunya yang meresap ke bagian terdalam gori (nangka muda) serta ceker.

Gudeg Ceker Bu Yati
Gudeg Ceker Bu Yati via instagram/@thoryc.id

Nah, itulah empat gudeg di Solo yang enaknya bikin ketagihan. Seporsinya juga terjangkau dan tak bikin kantong jebol. Jadi kapan nih coba kuliner satu ini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo Surakarta
Share