Gua Tham Luang di Thailand Lokasi Terjebaknya 12 Remaja Bakal Dijadikan Museum

Gua Tham Luang di Chiang Rai, Thailand Utara yang menjadi tempat terjebaknya 12 remaja serta seorang pelatih sepak bola dipersiapkan untuk menjadi museum. Kurang lebih selama 17 hari mereka terjebak dalam gua tersebut. Ke depannya, museum tersebut bakalan memamerkan upaya penyelamatan yang dilakukan oleh tim gabungan Thailand, serta bantuan sejumlah negara lainnya.

Digadang-gadang, Gua Tham Luang di Chiang Rai tersebut nantinya bakal menjadi salah satu daya tarik utama bagi Thailand dalam hal pariwisata. Dan tidak hanya dijadikan museum saja, kisah mengenai penyelamatan belasan remaja tersebut juga kabarnya bakal segera difilmkan. Sejauh ini, setidaknya sudah ada dua perusahaan besar yang tertarik untuk menjadi investor.

Gua Tham Luang, Gua Terbesar di Thailand

Kondisi dalam gua, Via website/malaymail.com
Kondisi dalam gua, Via website/malaymail.com

Dalam hal pariwisata, Gua Tham Luang yang menjadi lokasi terjebaknya belasan remaja tersebut memang bisa dibilang memiliki potensi yang cukup besar. Gua Tham Luang merupakan gua terbesar di Thailand. Lokasinya berada di bawah pegunungan yang tidak jauh dari kota kecil yang bernama Mae Sai, yang berada di wilayah utara Provinsi Chiang Rai yang sudah berbatasan dengan Myanmar.

“Kawasan ini akan kita jadikan museum untuk menunjukkan bagaimana operasi penyelamatan itu berlangsung,” kata Osottanakorn, bekas gubernur dan kepala tim penyelamat, dalam siaran pers, seperti yang dilansir dari Bbc.com

Sementara itu untuk waktu bukanya sendiri sampai sekarang belum jelas. Pasalnya, kebanyakan gua pada musim penghujan kebanyakan akan terendam air. Dan musim penghujan ini datang sekitar bulan Juni-Oktober. Waktu yang sama dengan terjebaknya anak-anak tersebut di dalam gua.

Proses Penyelamatan yang Cukup Berbahaya

Proses evakuasi yang sangat sulit dan rumit, Via website/mg.co.za
Proses evakuasi di Gua Tham Luang yang sangat sulit dan rumit, Via website/mg.co.za

Sebagai informasi, belasan remaja dan juga pelatihnya itu masuk ke dalam gua tersebut saat usai bermain sepak bola pada tanggal 23 Juni yang lalu. Namun malang, saat mereka masih berada di dalam kawasan tersebut hujan deras mengguyur sampai mengakibatkan gua dilanda banjir yang cukup hebat. Akibatnya, mereka semua terjebak di dalamnya dan tidak bisa keluar.

Kondisi terkini para korban, Via website/investing.com
Kondisi terkini para korban di Gua Tham Luang di Chiang Rai , Via website/investing.com

Upaya penyelamatan tidak mudah, karena lokasi yang rumit serta beberapa remaja tidak bisa berenang. Tim penyelam Angkatan Laut Thailand atau Navy SEAL dibantu dengan para penyelam dari berbagai negara melakukan misi yang cukup berbahaya. Syukurlah, akhirnya seluruh remaja beserta pelatihnya bisa diselamatkan secara bertahap.

Pihak Thailand akhirnya memantapkan niat untuk mengembangkan Gua Tham Luang di Chiang Rai tersebut sebagai tujuan wisata. Tentu saja dengan langkah pencegahan ekstra yang diterapkan, baik di dalam ataupun di luar gua demi keselamatan dan kenyamana para pengunjung yang datang.

Tags
Gua Tham Luang di Chiang Rai Thailand
Share