Gua Seplawan, Keindahan Berbalut Misteri di Jawa Tengah

Gallant Tsany A

Gallant Tsany A

On Indonesia
Gua Seplawan Gua Seplawan

Indonesia disesaki deretan gunung dan dataran tinggi di berbagai wilayah. Hal tersebut diiringi kehadiran sejumlah gua. Beberapa konon pernah digunakan sebagai tempat tinggal pada zaman dulu. Namun kini tak sedikit yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata, salah satunya adalah Gua Seplawan.

Keindahan Gua Seplawan via Instagram.com/wistapura

Jawa Tengah memiliki daerah yang memiliki cukup banyak wisata gua. Beberapa digunakan pula sebagai tempat ibadah, seperti Gua Seplawan di Kabupaten Purworejo. Gua ini konon dulunya merupakan
tempat ibadah umat Hindu.

Tak hanya indah, gua ini memiliki sederet misteri yang belum dapat diungkap hingga kini. Penasaran? Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Bekas Tempat Ibadah Umat Hindu

Patung Dewa Siwa dan Dewi Parwati (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Terdapat dua arca emas di bibir Gua Seplawan. Keduanya merupakan simbol Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Meski tampak mengesankan, dua patung tersebut hanya replika saja. Arca yang asli kini berada di Museum Nasional Jakarta. Konon, artefak versi aslinya benar-benar dilapisi emas.

Wisata ini beralamat lengkap di Katerban, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Cukup populer di antara warga Jawa Tengah. Tak sedikit pula pengunjung yang datang dari luar daerah.

Misteri Ujung Gua Seplawan

Gelap dan berkesan misterius via Instagram.com/sherindndakrni

Belum ada seorang pun yang pernah menjelajah hingga ujung gua, karena sebagian besar jalurnya masih tertutup dan tak bisa diakses pengunjung umum. Medannya juga masih berbahaya. Namun jangan khawatir, untuk kebutuhan wisata, gua ini sudah bisa disusuri hingga beberapa puluh meter.

Menariknya, selain jalan-jalan ada juga beberapa orang yang datang untuk tujuan lain. Menurut pengelola setempat, ada yang sengaja mengunjungi khusus untuk bertapa. Menurut mitosnya yang berkembang, Seplawan terhubung hingga laut selatan.

Indahnya bagian dalam gua via Instagram.com/fiqih_fiermansyah

Gua Seplawan buka mulai jam 08.00 hingga pukul 17.00. Kondisi di dalam gua yang cukup gelap dan rawan menjadi alasan mengapa tempat wisata ini tak dibuka hingga larut malam.

Setiap pengunjung wajib membayar tiket sebesar Rp5.000. Harga yang cukup murah dibandingkan pesona yang ditawarkan. Begitu masuk gua, wisatawan akan dimanjakan atmosfer eksotis dari barisan stalaktit dan stalakmit. Semuanya tampak menarik dalam sorotan lampu warna-warni.

Rute Menuju Gua Seplawan

Warna-warni Gua Seplawan via instagram.com/john_tri

Bagi yang ingin mengunjungi wisata ini, bisa mengambil rute melewati Samigaluh. Pacu terus kendaraan hingga melewati Gua Kiskendo. Dari situ akan terpampang jelas petunjuk arah menuju Seplawan.

Jalan menuju gua relatif kecil, berkelok, dan naik turun. Hal ini bakal jadi tantangan tersendiri. Jika ingin rute yang lebih mudah, bisa coba melalui Purworejo. Namun demikian kontur jalan di area ini tidak jauh berbeda dengan jalur pertama.

Ada tips bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi. Sebaiknya menggunakan kendaraan kecil atau sepeda motor. Hindari yang jenis matic.

Itulah sedikit ulasan mengenai Gua Seplawan, fenomena alam indah yang menyimpan misteri di Jawa Tengah. Bagaimana Teman Traveler, tertarik bertualang di gua berhiaskan arca emas ini?