Gua Petruk di Kebumen, Lubang Eksotis yang Bikin Mata Terpana

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Gua Petruk Eksotis yang ada di Kebumen Gua Petruk Eksotis yang ada di Kebumen

Wisata alam di nusantara tidak melulu hanya soal pegunungan dan pantai. Nyatanya, terdapat banyak gua eksotis yang ada di berbagai daerah, salah satunya yang terletak di Kebumen. Nah, yang akan Travelingyuk bahas kali ini adalah Gua Petruk. Gua ini memiliki keunikan dengan bentuk batuan yang mengherankan. Penasaran seperti apa?

Bentuk Batu yang Unik

Gua Petruk di Kebumen
Gua Petruk di Kebumen via Instagram/eka_safitri87

Berada di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Gua Petruk memiliki bentuk batuan yang sangat unik. Sekilas batu tampak seperti mayat karena berwarna putih, namun tetap saja terlihat indah karena terbentuk secara alami. Karena bentuknya yang unik, beberapa ada yang dinamai batu lumbung karena bentuknya menyerupai lumbung padi. Selain terdapat batuan unik, para pengunjung juga merasa betah karena di dalamnya terdapat air terjun yang airnya menyerupai busa sabun.

Asal Usul Nama Petruk

Gua Petruk dari dalam
Gua Petruk dari dalam via Instagram/caroltravelling

Dinamakan gua petruk karena di dalamnya terdapat bentuk batu yang menyerupai hidung Petruk. Petruk sendiri merupakan tokoh Ponokawan yaitu anak Ki Semar yang berbadan tinggi dengan hidung yang sangat mancung. Namun, batu tersebut sudah hilang dan rusak karena ulah Belanda yang saat itu sedang melakukan penambangan phosfat. Tentu bukan hidung petruk tersebut yang menjadi daya tarik. Panorama di dalamnya memang sangat indah dan berhasil membuat para pengunjung enggan untuk beranjak.

Memiliki 3 Bagian

Air terjun di dalam gua
Air di dalam gua via Instagram/cincin_api

Gua ini terbagi menjadi tiga bagian untuk dijelajahi. Bagian pertama merupakan bagian yang tidak mengenakkan karena terdapat kelelawar yang berterbangan dengan bau kotoran yang menyengat. Para pengunjung harus berhati-hati karena tidak disediakan penerangan di sini. Bagian kedua, diberi nama Gua Semar. Teman Traveler akan dibuat kagum dengan adanya stalgtit dan stalagmit yang indah. Nah, bagian terakhir diberi nama dengan Gua Petruk.

Hal Harus Disiapkan Ketika Berkunjung

Penampakan di dalam Gua Petruk
Penampakan di dalam Gua Petruk via Instagram/caroltravelling

Untuk menjelajahi gua dengan panjang keseluruhan hingga 2 Km ini, Teman Traveler harus memperhatikan beberapa hal sebelum masuk. Barang yang harus dibawa dan digunakan adalah headlamp, sepatu boot, baju tahan air, dan juga helm. Tidak perlu takut, karena selama perjalanan akan didampingi oleh pemandu wisata. Tak lupa, jika ingin mengabadikan keindahan gua, ada baiknya untuk membawa kamera pribadi.

Gua Petruk ini merupakan destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk di kunjungi di Kebumen. Tertarik untuk berkunjung ke sini?