Prometheus, Gua Cantik Dengan Kisah Menyeramkan

Sebuah gua bisa menjadi daya tarik wisata tidak hanya karena memiliki formasi stalaktit dan stalakmit yang cantik, terkadang adanya bumbu-bumbu cerita misteri atau mitos juga jadi modal bagus untuk menarik wisatawan agar berkunjung. Sama halnya dengan Gua Prometheus di Georgia yang dipercaya sebagai penjara makhluk raksasa yang kejam.

Yunani dikenal sebagai negeri seribu dewa, bangunan-bangunan kuno yang banyak di temukan di wilayahnya sebagian besar juga dikenal sebagai bekas tempat pemujaan berbagai dewa. Kisah ini kemudian turut memunculkan berbagai tokoh mitologi yang salah satunya dikenal dengan nama Titan, makhluk raksasa yang kejam. Konon salah satu titan bernama Prometheus dipenjara oleh Dewa Zeus di sebuah gua karena kesalahannya.

Gua Prometheus di Georgia [image source]
Gua Prometheus di Georgia [image source]
Ditemukan tahun 1984, gua Prometheus dipercaya warga sekitar sebagai tempat titan Prometheus dipenjara. Dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, cerita bermula kala para dewa memberi tugas Prometheus dan Epimetheus untuk menciptakan manusia. Dalam perjalanannya Prometheus mencuri api para dewa dan memberikannya pada manusia. Dewa Zeus yang tahu dibuatnya marah dan meminta pelayannya menangkap titan yang membangkang ini.

Gua Prometheus di Georgia kono sebagai penjara raksasa menyeramkan, via Instagram
Gua Prometheus di Georgia kono sebagai penjara raksasa menyeramkan, via Instagram

Setelah tertangkap Prometheus di bawa ke Pegunungan Kaukasus. Di sana makhluk ini diikat pada sebuah batu besar yang tidak bisa hancur. Diutus pula seekor burung raksasa untuk mematuk hatinya sebagai bentuk penyiksaan.Tempat dibelenggunya raksasa tersebut dipercaya berada di dalam gua ini. Dari cerita-cerita tersebut banyak membuat traveler penasaran dan berkunjung ke sana.

Ternyata penampakan gua ini tidak semenyeramkan kisahnya. Gua ini memiliki formasi staktit dan stalakmit yang indah bahkan di dalamnya terdapat air terjun dan sungai bawah tanah yang bisa disusuri pengunjung dengan perahu boat. Gua Prometheus berada di Desa Kumistavi yang berjarak 4 jam perjalanan dari ibukota Tbilisi.

Gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit cantik dengan bantuan pencahayaan [image source]
Gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit cantik dengan bantuan pencahayaan [image source]
Traveler yang ingin berkunjung harus hafal jam operasional gua. Pada bulan November hingga April gua buka setiap hari sejak pukul 10.00-17.00 waktu setempat. Sedangkan bulan Mei-Agustus jam operasional lebih lama satu jam hingga pukul 18.00. Biaya masuk ke dalam gua dipatok dengan tarif sekitar Rp. 39 ribu.

Tags
Georgia Gua Prometheus Gua Unik
Share