Hanya di Korea, Bekas Aliran Lava Disulap Jadi Gua Sekeren Ini

Wow keren, ternyata di Korea ada gua yang terbentuk dari bekas aliran lava gunung api. Berbeda dengan gua-gua di kebanyakan negara termasuk Indonesia yang mayoritas terbentuk dari batuan kapur yang meluruh terkena aliran air gua di negara asal K-Pop ini berbentuk lorong yang dulunya adalah jalur lava gunung api.

Jeju adalah sebuah pulau vulkanik yang berjarak 130 kilometer dari Semenanjung Korea. Di pulau ini terdapat sebuah sistem aliran lava yang berbentuk tabung memanjang. Ini bukanlah lorong bekas tambang melainkan saluran alami dari magma gunung api yang kini telah kosong dan membentuk ruang yang sangat luas, menjadikannya salah satu gua terbesar di dunia.

Guan Lava Tabung Manjanggul adalah sebuah gua berbentuk lorong bekas aliran lava (c) flickr
Guan Lava Tabung Manjanggul adalah sebuah gua berbentuk lorong bekas aliran lava (c) flickr

Karena asal-usulnya yang unik maka gua ini menjadi situs penelitian para ilmuan dan tidak hanya itu saja gua ini juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di sana. Banyak lorong-lorong bekas jalan magma di dalam gua tersebut namun yang paling mengesankan adalah Sistem Tabung Lava Geomunoreum yang terbentuk oleh aliran lava basaltik ketika gunung berapi Geomunoreum meletus sekitar 200-300 ribu tahun lalu.

Gunung Geomunoreum ini memiliki tinggi 456 meter dan lava letusannya mengalir sejauh 13 kilometer menuju pantai. Dalam perjalanannya menuju pantai, lava ini menciptakan banyak tabung lava dan Gua Lava Tabung Manjanggul adalah gua terbesar dalam sistem ini. Gua ini membentang sejauh 8.928 meter dengan kedalaman 30 meter dan tinggi 23 meter.

Gua Lava di Korea ini membentang sejauh lebih dari 8 kilometer (c) flickr
Gua Lava di Korea ini membentang sejauh lebih dari 8 kilometer (c) flickr

Layaknya bekas aliran lava, interior gua tidak terdapat stalaktit dan stalakmit khas batuan kapur melainkan dihiasi dengan dekorasi karbonat berwarna-warni yang membentuk kolom lava, jembatan lava, karang gua, hingga rak-rak yang cantik. Di salah satu lorong terakhir yang dapat dikunjungi wisatawan akan nampak sebuah kolom lava yang sangat besar yang terbentuk dari lelehan lava yang tumpah dari atas ke daerah yang lebih rendah. Kolom ini berdiri setinggi 7,6 meter dan menjadi kolom lava terbesar di dunia.

Kolom lava terbesar di dunia yang ada di dalam Gua Manjanggul (c) flickr
Kolom lava terbesar di dunia yang ada di dalam Gua Manjanggul (c) flickr

Gua lava ini juga menjadi rumah bagi 30.000 kelelawar sayap bungkuk yang tinggal di dalam tabung dan membentuk koloni terbesar di Korea. Selain itu di dalam gua juga teleh diidentifikasi sebanyak 38 jenis makhluk hidup yang tinggal di sana, kebanyakan dari mereka adalah gua laba-laba Jeju. Penasaran ingin menjelajahi gua ini? Mampirlah ke pulau Jeju jika berkunjung ke Korea.

Tags
Gua Manjanggul Korea traveling
Share