Pengalaman Tak Terlupakan Abdul Indonesian Idol 2018 di Gua Kristal Kupang

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Meet&Greet Abdul Indonesian Idol 2018 via (c) Travelingyuk Meet&Greet Abdul Indonesian Idol 2018 via (c) Travelingyuk

Abdul Indonesian Idol 2018 yang pada Sabtu (6/10) ditemui saat mengisi acara Malang Batik Parade 2018 ini memberikan rekomendasi bagi Teman Traveler, yang ingin merasakan daya tarik Kota Kupang. Lahir dan menghabiskan masa kecil di kota tersebut, Abdul membagi pengalamannya saat melipir ke salah satu wana wisata alam yaitu Gua Kristal. Seindah apa sih? Yuk, baca lebih lanjut.

Pengalaman Abdul di Gua Kristal

Abdul saat Menceritakan Pengalamannya via (c) Travelingyuk
Abdul saat Menceritakan Pengalamannya via (c) Travelingyuk

Walaupun dikenal suka menyempatkan liburan ke pantai-pantai elok di Bali, Abdul pun menyukai wisata alam lain di daerah lainnya. Sebut saja Gua Kristal yang terletak di kota kelahirannya, Kupang. Menurut interview dengan Abdul saat pelaksanaan Malang Batik Parade 2018, begitu memasuki gua, dirinya dibuat takjub oleh jernihnya air di dalam sampai bebatuan pun terlihat dengan jelas. Walau tidak sampai menyelam, namun dengan menyaksikan pesona Gua Kristal, cukup menjadikannya sebagai pengalaman takterlupakan.

Gua dengan Air Sejernih Kristal

Air Sejernih Kristal via Instagram @rendibudiman

Wisata alam di Kupang satu ini aksesnya cukup mudah. Letak Gua Kristal tak jauh dari lokasi terdapat pembangunan perumahan. Walau pun begitu tidak usah khawatir, panorama destinasi wisata ini tetap terjaga. Teman Traveler akan disambut dengan pintu batu karang berukuran besar, lalu begitu masuk akan ketahuan mengapa namanya kristal. Bukan karena terdapat batu kristal, melainkan air sangat jernih di dalamnya. Pemandangan di bawah air sampai terlihat dengan sangat jelas.

Terowongan Menuju Pantai

Panorama di Dalam Gua via Instagram @papuk_emet

Wisatawan yang datang kemari tidak hanya berenang, namun juga menyelam hingga kedalaman yang diinginkan. Teman Traveler yang hendak menyelam sebaiknya mempersiapkan peralatan seperti kaki katak dan kacamata renang. Ada baiknya juga didampingi oleh ahli apabila belum biasa menyelam. Konon di kalau menyelam sampai dalam, terdapat terowongan yang menghubungkan dengan suatu pantai.

Akses Menuju Gua Kristal

Kawasan Menuju Gua Kristal via Instagram @alwiachmd

Apabila Teman Traveler berangkat dari Kota Kupang, Gua Kristal bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 30 menit. Tempat yang disebut Gua Kristal Bolok ini dekat dengan Pos Polisi Air Pelabuhan Bolok. Teman Traveler bisa meletakkan kendaraan di pos ini, kemudian berjalan sekitar 500 meter menuju Gua Kristal. Beberapa warga sekitar siap sedia apabila ada yang membutuhkan jasa tour guide, dengan biaya seikhlasnya. Sedangkan untuk memasuki lokasi gua, tidak dipungut biaya.

Tidak salah nih rekomendasi destinasi wisata alam dari Abdul Indonesian Idol 2018 yang memang memiliki beberapa keistimewaan. Akses mudah, panorama elok, dan air sejernih kristal yang bisa untuk berenang, bahkan menyelam. Teman Traveler yang hendak singgah disarankan pada siang hari, sinar matahari yang menyinari gua menambah keindahan. Bagaimana, jadi kapan terbang ke Kupang nih?