Fingal, Gua Eksotis yang Memiliki Pemandangan Seperti Markas Perompak

Di Indonesia, gua bukan destinasi yang sulit untuk dicari dan tersebar banyak di sudut nusantara. Karakternya pun beragam, salah satu yang unik adalah Gua Kontamale yang terletak di Wakatobi. Namun pemandangan berbeda dapat ditemukan di Skotlandia. Sebuah gua berukuran besar terletak muka laut lepas menawarkan pemandangan seperti sarang penyamun dalam versi bajak laut. Seperti apa keindahan gua Fingal yang begitu populer ini?

Dinding Gua yang Menyerupai Tumpukan Lego

Bibir gua jika dilihat dari perairan via instagram/@randomly_assigned

Dari luar, gua ini sudah terlihat keunikannya. Batuan basal berbentuk hexagonal tertata mengililingi dinding gua tersebut. Meskipun tak beraturan dan memiliki pola yang pasti, kolom-kolom batuan basal ini cukup rapi. Tinggi langit-langitnya mencapai 22 meter dengan kedalaman gua mencapai 82 meter.

Mitos Raksasa dan Gua Fingal

Bibir gua yang berbatasan langsung dengan laut via instagram/@markhutpics

Mitos yang berkembang  di Giant’s Causeway, tempat Gua Fingal berada, cukup unik. Masyarakat percaya bahwa Giant’s Causeway di bangun oleh raksasa. Pulau ini pun juga dipercaya masyarakat sebagai titik pertemuan raksasa pada zaman dahulu.

Gua yang Menginspirasi Seniman

Batuan basal heksagonal yang tertata rapi via instagram/@placestogouk

Ditemukan oleh Sir Joseph Banks, gua ini juga dikenal sebagai The Cave of Melody oleh masyarakat Celtic. Keindahannya tak hanya menyenangkan untuk dilihat, namun juga mampu menginspirasi beberapa seniman, seperti komposer Felix Mendelssohn dan seniman J.M.W Turner.

Terbentuk dari Aktivitas Vulkanik

Bagian dalam Gua Fingal via instagram/@miracles__of__nature

Secara geologis, gua ini terbentuk dari aktivitas vulkanik yang terjadi sekitar 50 juta tahun yang lalu. Besarnya aliran lahar mampu menciptakan gua ini. Bibir gua yang langsung menghadap ke laut membuat gua ini memiliki pemandangan unik. Gua yang terbentuk secara alami ini memiliki pemandangan menyerupai garasi kapal perompak.

Alam memang memiliki berbagai fenomena unik yang dapat menciptakan pemandangan indah. Gua Fingal adalah salah satu contohnya. Selain tempat ini, mana tempat unik lagi yang kamu tahu? Tuliskan di kolom komentar ya.

Tags
gua fingal mancanegara Skotlandia Wisata
Share