Menjelajah Gua Dunmore yang Konon Menjadi Tempat Pembantaian Bangsa Viking

Alfri

Alfri

On Alam

Dalam beberapa film bangsa Viking digambarkan sebagai orang-orang yang perkasa dan tak terkalahkan. Cerita tersebut tidak berlaku jika traveler mengunjungi Gua Dunmore di Irlandia. Gua ini konon menjadi saksi bisu pembantaian bangsa Viking berabad-abad yang lalu. Kini gua ini menjadi destinasi wisata yang sarat akan estetika dan sejarah kelam.

Dunmore bukanlah gua yang baru ditemukan di negara Irlandia. Gua ini telah diketahui warga sejak ratusan tahun lalu tapi baru tahun 60-an dibuka untuk wisata. Sebelumnya tidak ada yang berani masuk ke dalam gua kecuali tim ekspedisi yang masuk ke sana untuk melakukan penelitian.

Gua Dunmore di Irlandia, via instagram
Gua Dunmore di Irlandia, via instagram

Penelitian tersebut berkaitan dengan cerita sejarah yang tertulis pada naskah sejarah Irlandia yang berasal dari abad ke-17. Seperti dilansir Travelingyuk dari laman resmi pariwisata negara tersebut, naskah sejarah itu menceritakan bahwa Gua Dunmore pernah menjadi tempat peperangan yang mana dalam perang tersebut sebanyak 1.000 bangsa Viking di bantai di dalam gua. Tragedi tersebut tercatat terjadi pada tahun 928 Masehi.

Gua Dunmore diyakini pernah menjadi tempat pembantaian bangsa Viking, via instagram
Gua Dunmore diyakini pernah menjadi tempat pembantaian bangsa Viking, via instagram

Barulah delapan abad kemudian tim arkeologi melakukan ekspedisi ke dalam Gua Dunmore. Ekspedisi yang dilakukan sekitar tahun 1800 ini menguak banyak hal. Para arkeolog menemukan banyak benda seperti emas, perak hingga tulang belulang manusia. Tentu saja penemuan tulang ini makin meyakinkan banyak orang jika apa yang tertulis di buku sejarah itu benar adanya.

Gua Dunmore baru benar-benar dibuka untuk kunjungan wisata pada tahun 1960-an atau sekitar satu abad setelah ekspedisi dilakukan. Wisatawan pun tidak serta merta diizinkan untuk menjelajahi gua ini sendirian. Mereka yang ingin masuk ke dalam gua wajib didampingi oleh pemandu dengan alasan keamanan.

Ruangan di dalam Gua Dunmore, via instagram
Ruangan di dalam Gua Dunmore, via instagram

Buat yang takut masuk ke dalam ruangan gelap nan lembab tetap bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai gua ini dengan berkunjung ke gedung pusat pengunjung. Di dalam gedung ini terdapat area pameran serta ruang audio visual dan kafe. Pengunjung bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai ekologi, mitos dan sejarah Gua Dunmore.

Gua Dunmore sendiri berada di kota Kilkenny. Ini adalah sebuah kota yang berjarak 139 kilometer dari ibukota Irlandia, Dublin. Meskipun menyimpan banyak misteri namun tak sedikit traveler yang penasaran datang ke sana untuk sekedar mengagumi keindahan dekorasi ruangan perut bumi atau mencari informasi mengenai sejarah kelam yang menyelimutinya.