Berkunjung ke Grojogan Sewu, Keteduhan di Lereng Gunung Lawu

Gunung Lawu sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi favorit para pendaki. Konon gunung tersebut menjadi gerbang antara dunia nyata dengan dunia astral. Terlepas dari hal tersebut, di sekitar Lawu terdapat air terjun luar biasa indah bernama Grojogan Sewu.

Air terjun ini berada di kawasan Tawangmangu. Warga Solo dan sekitarnya sering datang ke sini jika ingin menikmati dingin dan sejuknya udara pegunungan. Berikut adalah sedikit gambaran mengenai pesona dan keindahan Grojogan Sewu oleh kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Mudah Diakses Segala Usia

Pintu masuk air terjun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Pintu masuk air terjun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Grojogan Sewu terletak di kecamaan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Mencapai objek wisata ini pun sangat mudah, tinggal naik bus dari Terminal Tirtonadi menuju Terminal Tawangmangu. Setelah itu perjalanan tinggal dilanjutkan dengan naik angkot atau ojek.

Ada dua jalur yang bisa digunakan untuk masuk Grojogan Sewu. Jalur pertama berada tak jauh dari Taman Balekambang, berupa jalan berundak yang konon terdiri dari seribu anak tangga. Jalur kedua berada dekat River Hill. Rute ini sangat direkomendasikan bagi para manula atau pengunjung yang fisiknya sudah tak memadai untuk melalui jalan mendaki.

Berkenalan dengan Kera Hutan

Foto bersama kera di jembatan (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Foto bersama kera di jembatan (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Sobat traveler harus sedikit berhati-hati selama berada di Grojogan Sewu karena adanya kera hutan nakal. Bukan tak mungkin bekal makanan yang dibawa mereka ambil secara paksa. Apalagi ukuran kera-kera tersebut cukup besar dan tingkah mereka lumayan ganas.

Sebaiknya membawa bekal sedikit saja atau justru tidak usah sama sekali. Tak perlu khawatir perut keroncongan karena di dalam lokasi wisata ada beberapa warung yang menjajakan kuliner khas sate kelinci.

Bersantai Bersama Keluarga

Menikmati kesejukan di sekitar air terjun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Menikmati kesejukan di sekitar air terjun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Grojogan Sewu memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter. Di sekitarnya terdapat bebatuan yang bisa digunakan untuk duduk bersantai. Sobat traveler juga bisa merasakan asyiknya bermain air dan sekaligus menikmati kesejukan udara di lereng Gunung lawu.

Sensasi kesegaran yang menerpa tubuh terasa begitu alami. Tepat sekali bagi yang ingin menenangkan diri, melepas penat dari beban dunia, maupun menghabiskan waktu asyik bersama keluarga.

Tempat duduk di Grojogan Sewu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Tempat duduk di Grojogan Sewu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Untuk bisa menikmati semua keindahan tersebut, hanya perlu membayar tiket sebesar 15 ribu rupiah saja. Tarif bus menuju Terminal Tawangmangu berkisar 15 ribu. Sementara biaya ojek atau angkot menuju Grojogan Sewu berkisar 10 ribu dan masih bisa ditawar sampai harga terendah.

Bagaimana, mau coba berkunjung ke Grojogan Sewu? Jangan lupa ajak teman maupun keluarga untuk merasakan syahdunya atmosfer kaki Gunung Lawu di air terjun cantik ini.

Tags
Solo Travelingyuk Wisata
Share