Grace Rose Farm Bandung, Budidaya Unik Si Mawar Cantik

Adakah di antara Teman Traveler yang penasaran dengan budidaya mawar? Jika ya, kalian bisa mampir ke wisata di Bandung yang satu ini yaitu, Grace Rose Farm, Cisarua, Lembang. Di sini kalian bakal mendapat banyak pengetahuan baru soal pembudidayaan tanaman cantik tersebut.

Tak hanya indah, mawar juga memiliki nilai ekonomi tinggi lho Teman Traveler. Tumbuhan yang masuk famili rosaceae ini sering dijual sebagai bunga potong. Nah, di Grace Rose Farm kalian bisa jalan-jalan sambil belajar lebih banyak soal tanaman hias mempesona ini.

Melihat Pembibitan Mawar

Dikembangkan dengan metode okulasi (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Pembudidayaan mawar di Grace Rose Farm dilakukan dengan cara okulasi. Jika datang pagi hari, Teman Traveler bakal berkesempatan melihat dan berinteraksi langsung dengan para petani setempat. Kalian bisa bertanya-tanya lebih banyak soal proses pembibitan dan lainnya.

Sekedar informasi, okulasi merupakan salah satu proses perbanyakan vegetatif. Metode ini lebih mudah dan cepat, sehingga banyak dilakukan oleh para petani komersial. Prosesnya juga cukup sederhana. Batang bawah mawar yang sudah cukup tua ditempelkan pada batang atas varietas yang diinginkan.

Metode Unik

Metode unik penanaman mawar (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Metode penanaman mawar di Grace Rose Farm memang unik. Begitu proses okulasi selesai, tinggal menunggu hingga batang kokoh dan menempel secara utuh.

Setelah tanaman cukup besar dan siap berbunga, Batang dari cabang utama akan ditahan dengan tali dan dibiarkan dalam posisi rebah. Sementara itu, batang tunas cabang baru dibiarkan tegak. Batang inilah yang nantinya akan hasilkan mawar berkualitas baik. 

Kecantikan Mawar yang Memanjakan

Mawar dengan varian unik (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Grace Rose Farm mengusung konsep agrowisata holtikultura. Tak sekedar jalan-jalan, pengunjung bakal merasakan beberapa manfaat edukasi. Pengelola bakal berikan banyak informasi menarik soal tanaman hias dan bunga yang dibudidayakan dalam greenhouse.

Mawar yang siap dijadikan bunga potong (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Dalam greenhouse tersebut ribuan mawar dibudidayakan dan dirawat dengan baik oleh tangan – tangan terampil. Di sini Teman Traveler akan mendapat banyak pengetahuan baru tentang mawar. Kalian bakal melihat puluhan varian warna, mulai dari yang masih kuncup hingga merekah merah. Semuanya sajikan visual memanjakan mata.

Melihat Pengemasan Bunga Potong

Mawar diseleksi berdasarkan ukuran, kelopak, dan warna (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler juga bisa belajar soal alur produksi mawar, mulai dari pembibitan, okulasi, hingga dikemas menjadi produk bunga potong. Semuanya bakal dirangkai cantik sebelum kemudian dikirim ke berbagai kota di Indonesia.

Bunga mawar yang sudah dirangkai dan dikemas (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk
Satu set rangkaian mawar potong (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan ke Grace Rose Farm. Percaya deh Teman Traveler, berkunjung ke sini bakal beri kalian banyak kebahagiaan dan pengetahuan baru soal mawar. Lebih asyik lagi jika ditemani sosok terkasih. Jadi tunggu apa lagi, segera berangkat ke Lembang dan mampir ke sini deh.

Tags
Bandung kontributor Lembang Travelingyuk wisata bandung wisata lembang
Share