Barisan Gong Raksasa di Indonesia, Mana Ya yang Paling Besar?

Ada banyak sekali keunikan wisata yang ada di bumi pertiwi. Salah satunya adalah gong raksasa yang tersebar di beberapa kota Indonesia. Tentu semua gong yang ada memiliki kelebihan masing-masing dan kisah-kisah menarik di balik pembangunannya. Inilah barisan gong raksasa yang dijamin ukurannya dapat membuatmu terpana. 

Gong Seberat 1 Ton Hadir di Malang 

gong raksasa di indonesia
Museum Ganesya via instagram/kangyumalang

Gamelan berukuran jumbo ternyata juga ada di Malang, Teman Traveler. Tepatnya di pintu masuk Hawaii Waterpark– Malang Night Paradise (MNP). Gong ini sebagai tanda adanya Museum Ganesya yang merupakan wisata Malang bertema edukasi terbaru. 

Memiliki diameter sebesar 3,5 meter, gong raksasa ini mempunyai makna tersendiri. Yogi Kurniawan selaku owner MNP menuturkan bahwa alat musik tersebut dipilih karena mengikuti falsafah orang Jawa, bahwa gong merupakan lambang keabadian dan keseimbangan.

Hal lain bagi orang Jawa, gong adalah gambaran kewajiban manusia untuk menjaga keharmonisan yang diekspresikan dalam bahasa Jawa kuno tinggi dalam istilah mamayu hayuning bawono atau melestarikan keindahan dunia. 

Gong Perdamaian Dunia di Bali yang Miliki Makna Indah 

gong raksasa di indonesia
Gong Perdamaian Dunia Bali via instagram/alamsyahharfian

Alat musik raksasa lain terletak di Taman Shanti Buana, Desa Kertalangu, Denpasar, Bali. Benda berukuran sangat besar ini dinamakan Gong Perdamaian Dunia.

Sesuai dengan namanya, benda raksasa ini diharapkan mampu menyadarkan umat manusia bahwa perdamaian dan kebersamaan itu sangat penting. Jadi, tidak ada yang namanya membeda-bedakan suatu ras, suku, ideologi dan lain sebagainya. 

Kalau dilihat lebih dekat Gong Perdamaian Dunia ini, maka akan terdapat banyak simbol yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Tepat di tengah-tengah lingkaran terdapat sebuah peta permukaan bumi, ini bermakna bahwa perdamaian harus terjadi di muka bumi ini.

Lingkaran kedua terdapat lambang 10 agama besar di dunia. Lingkaran ketiga terdapat tulisan berbahasa inggris World Peace Gong dan berbahasa Indonesia Gong Perdamaian Dunia.

Benda ini merupakan gong perdamaian terbesar di dunia dengan diameter mencapai 5 meter. Terbuat dari lima unsur logam, yaitu emas, perak, perunggu, besi, dan timah. Kelima unsur logam ini dikenal dengan nama Panca Datu yang melambangkan lima benua. 

Gong Perdamaian Nusantara di Palu yang Jadi Peredam Konflik

Gong Perdamaian Nusantara Palu via instagram/egademailo

Di Desa Plajan, Palu, Sulawesi Tengah terdapat gamelan berdiameter 2 meter yang disebut sebagai Gong Perdamaian Nusantara. Awalnya gong tersebut berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Tapi, karena di tahun 2015 lalu Kota Palu sering dilanda konflik, maka gong itu akhirnya dipindahkan. Warga Kota Palu menyambut hangat penempatan gong ini di wilayah mereka, supaya konflik dan aksi teror tidak berlanjut ke depannya. 

Gong dengan berat 180 kg tersebut memiliki simbol-simbol di dalamnya. Masing-masing simbol mempunyai makna tersendiri yang artinya tidak jauh beda dengan Gong Perdamaian Dunia yang ada di Bali.  Simbol yang dimiliki juga hampir sama yaitu agama, bendera, serta lambang daerah atau kota. 

Gong Golong Gilig di Bantul yang Jadi Semangat Persatuan

gong raksasa di indonesia
Gong Golong Gilig via instagram/anggi_tya

Bantul juga mempunyai gong raksasa berdiameter 6,3 meter. Disebut-sebut sebagai yang terbesar di Indonesia, gamelan bernama Golong Gilig ini ternyata mempunyai makna besar di baliknya. 

Bagi masyarakat Bantul, gong ini merupakan suara hati dari warga yang tertimpa musibah gempa bumi tanggal 27 Mei 2006. Meskipun saat itu keadaan sedang sulit, masyarakat tetap semangat agar bisa bangkit.

Hasilnya dalam kurun waktu dua tahun, masyarakat Bantul dapat berdiri tegak kembali. Ini semua karena di dalam diri mereka terdapat sebuah landasan yaitu semangat kebersamaan, kegotong royongan, kemandirian, dan nilai-nilai kearifan lokal seperti guyup rukun, gumregut serta jiwa yang golong gilig ( menyatu ) dalam tekad.

Berdasarkan ulasan di atas, kita  menjadi tahu bahwa gong yang dipasang memiliki makna tersendiri. Menariknya, hampir semuanya mempunyai arti untuk mempersatukan umat manusia layaknya semboyan kita Bhinneka Tunggal Ika. Nah, mana nih makna gong raksasa di Indonesia yang paling Teman Traveler suka? 

Tags
gong raksasa di indonesia Indonesia Wisata
Share