Goa Pindul Jogja, Destinasi Outing Asyik Bareng Rekan Kerja

Tiap setahun sekali suatu perusahaan atau instansi biasanya rutin mengadakan outbound. Selain sebagai sarana hiburan, juga untuk tingkatkan keakraban dan kerja sama tim. Salah satu lokasi yang menurut saya cukup ideal untuk tujuan tersebut adalah Goa Pindul di Jogja.

20190723_111621136_ios_SNR.jpg
Sesaat sebelum susuri Goa Pindul (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Destinasi alam di Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul ini berjarak sekitar 44 kilometer dari pusat kota. Bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar satu setengah jam. Di sini Teman Traveler bisa rasakan asyiknya menyusuri sungai dan goa menggunakan ban dalam alias tubing.

Daya Tarik Goa Pindul

20190723_112504819_ios_Jzk.jpg
Melompat dari air terjun sekitar Sungai Oyo (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Selain nuansa pedesaan nan asri, daya tarik lain Goa Pindul adalah keseruan mengarungi sungai menggunakan ban. Kegiatan sederhana namun mengasyikkan ini seolah mengingatkan pada aktivitas bermain semasa kecil. Bayangkan saja, seharian bermain air bersama teman dan keluarga, ditemani panorama menyegarkan. Seru sekali, bukan?

Itulah mengapa Goa Pindul sangat cocok untuk outing atau wisata bersama rombongan besar. Tak heran, begitu memasuki musim liburan, sungai di sekitar sini bakal penuh dibanjiri wisatawan.

20190723_111901753_ios_Ulo.jpg
Keseruan saat cave tubing (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Sekedar tips, jika ingin liburan ke sini sebaiknya pilih hari yang tidak berdempetan dengan high season. Hal ini penting untuk menghindari lonjakan jumlah wisatawan. Tak main-main, jika sedang ramai-ramainya, aliran Sungai Oyo bakal macet layaknya jalanan ibu kota.

Oh ya, karena semua kegiatan di sini berhubungan dengan air, pastikan Teman Traveler membawa pakaian ganti agar tidak masuk angin. Jika perlu, bawalah peralatan bersih diri, seperti handuk, sabun, dan lainnya.

Akses dan Tiket

20190723_112240048_ios_2cQ.jpg
Menikmati keindahan sungai sekitar (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Untuk bisa menikmati serunya wisata susur sungai di Goa Pindul, Teman Traveler harus menghubungi operator pengelola wisata setempat. Pasalnya, semua aktivitas di sini wajib dilakukan dengan mengenakan peralatan khusus. Oleh karena itu, kalian harus lakukan booking online melalui situs – situs resmi yang tersedia.

Soal transportasi, jika tidak menumpang kendaraan pribadi, pihak pengelola akan menyediakan fasilitas antar jemput. Cukup praktis, bukan?

Selain itu, pastikan destinasi yang dipilih telah direncanakan sebelumnya. Sebab di sekitar Goa Pindul ada banyak destinasi menarik lainnya. Misalnya saja, jika ingin mendapat pengalaman komplet, Teman Traveler sebaiknya memesan paket cave tubing.

Sementara untuk tiket, harganya berbeda di setiap tempat. Tergantung destinasi yang dipilih, mulai dari cave tubing Goa Pindul (Rp40.000 per orang), river tubing Oyo (Rp60.000), caving Si Oyot (Rp40.000), Goa Kristal (Rp30.000), Goa Gelatik (Rp35.000), susur Goa Sriti (Rp35.000), Goa Tanding (Rp150.000), serta outbound (Rp50.000).

Fasilitas yang Tersedia

20190723_112819864_ios_lMD.jpg
Berpose di sungai usai lakukan tubing (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Tiap operator wisata Goa Pindul sediakan fasilitas berbeda-beda, tergantung tempat yang dituju. Namun secara umum hampir sama kok. Jika ingin lebih pasti, Teman Traveler bisa tanya lebih dulu di tempat pendaftaran tiket.

Secara umum fasilitas yang bakal Teman Traveler dapat antara lain pemandu (guide), pelampung, sepatu karet, ban/tubing, akses mushola, pendopo, makan minum, serta penjemputan dari objek wisata.

Pokoknya Asyik Deh

20190723_111720543_ios_4ip.jpg
Pemandangan di sekitar goa (c) Muhamad Zayl/Travelingyuk

Mengadakan outing di Goa Pindul takkan butuh budget terlalu besar, sehingga bakal banyak keuntungan yang didapat. Pertama, tidak perlu repot menyewa ballroom atau taman serbaguna. Selain itu, bermain di alam terbuka akan sangat baik untuk jasmani dan rohani, apalagi setelah stress memikirkan kerjaan setiap hari.

Tak hanya itu, indahnya pemandangan sekitar juga bisa dimanfaatkan untuk berburu kontek apik. Hitung-hitung bisa sekalian menambah bahan eksis di media sosial. Jangan khawatir, panorama di sini mantul alias mantap betul Teman Traveler.

Buat Teman Traveler yang sedang cari lokasi outing seru dan menyenangkan, Goa Pindul bisa jadi alternatif. Tunggu apa lagi, segera mampir ke sini kala keliling wisata Jogja ya.

Tags
Indonesia Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja
Share