Goa Mlaten, Situs Bersejarah Tersembunyi yang Konon Terhubung Langsung dengan Candi Singosari

Advertisement

Kota Malang sebenarnya mempunyai banyak sekali situs bersejarah. Seperti Goa Mlaten yang keberadaannya jarang diketahui. Goa ini ternyata masih berhubungan erat dengan Kerajaan Singosari. Untuk lebih lengkapnya, bisa simak ulasan berikut.

1. Lokasi Goa yang Tersembunyi

goa mlaten
Jalan menuju goa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk datang ke destinasi situs ini, kalian wajib melewati perkampungan terlebih dulu. Bahkan di kanan-kiri jalan pun masih berupa pepohonan. Tapi, begitu menemukan area pemakaman, itu artinya situs bersejarah sudah dekat.

2. Mendapat Hibah dari Pemerintah untuk Perawatan

goa mlaten
Hibah dari Pemprov Jatim (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sampai di lokasi, di pinggir jalan, kita bisa melihat sebuah tulisan di sebuah batu marmer yang menyatakan kalau tempat ini mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Pusat. Dana ini digunakan untuk perbaikan akses menuju lokasi. Hal itu sangat diperlukan mengingat foa yang berada tersembunyi di bawah bukit batu, dan berjarak sekitar 50 meter dari jalan kampung.

goa mlaten
Jalan menuju goa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sampai sekarang pun keadaan jalanan menuju Goa Mlaten masih terjaga dengan baik. Hal ini tentu mempermudah pengunjung yang ingin melihat situs bersejarah ini. Tapi jika kita melihatnya secara langsung, perawatan yang dilakukan di area Goa Mlaten masih sangat kurang, bahkan terkesan dibiarkan begitu saja.

3. Goa yang Konon Terhubung dengan Beberapa Candi

Bagian depan goa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Situs ini berada di bagian dasar tebing batu dan lubang goa juga terlihat lumayan sempit. Untuk melihat bagian dalam, kita diharuskan untuk melongokkan kepala ke bawah tebing batu. Tapi, kebanyakan orang tidak berani melakukannya, karena kondisi goa yang sangat gelap.

Lubang yang dipercaya bisa menembus ke Candi Singosari (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain itu, goa ini juga punya cerita menarik di dalamnya. Konon, Goa Mlaten ini bisa menembus ke area taman bunga zaman Kerajaan Singosari, bahkan ada juga yang bilang kalau lobang Goa Mlaten ini bisa menembus sampai ke bagian bawah Candi Singosari.

4. Masih Digunakan untuk Beribadah

Sesajen di goa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Goa ini sampai sekarang masih digunakan untuk beribadah. Terbukti dengan masih adanya sesajen yang berada di sekitar goa. Menurut warga sekitar, tempat ini juga banyak digunakan para pendatang untuk melakukan ritual tertentu.

5. Kondisi yang Kurang Diperhatikan

Gazebo sekitar goa (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meski sudah mendapat hibah dan lumayan banyak dikunjungi, namun kondisi goa ini terkesan tidak terawat. Seperti area sekitar yang kotor dan gazebo yang sudah tidak layak. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat masih banyaknya orang yang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Demikianlah sekelumit info mengenai Goa Mlaten. Kalau kalian tertarik, bisa langsung datang ke Jl. Sumber Mlaten, Dusun Polaman, Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Kapan lagi bisa melihat goa di Malang dengan banyak fakta unik di dalamnya.

Advertisement
Tags
Goa Mlaten Indonesia Jawa Timur kontributor Malang Wisata
Share