Goa Maria Blitar, Wisata Rohani yang Mengedukasi

Advertisement
Advertisement

Berwisata memang selalu identik dengan tempat yang bernuansa hiburan maupun menikmati pemandangan. Tapi bagaimana jika kita berwisata Rohani? Di malang sudah terkenal dengan wisata Masjid Tiban nya, di Blitar juga memiliki wisata Rohani namun khusunya bagi pemeluk Agama Nasrani yaitu Wisata Goa Maria.

Tampak depan yang terlihat rapi dan bersih (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Terletak di Desa Ngadirejo Kecamatan Kepanjen Kidul, wisata ini akan mengahadirkan pengalaman berbeda kepada para pengunjung tentang sejarah penyebaran Agama Kristen dan pengorbanan yang harus di lalui demi umatnya.

Lokasi di dalam area pun juga sangat bersih (c) Mei Indriani/Travelingyuk 

Memasuki tempat ini, para traveler akan langsung mendapatkan kesan bersih dan tertata dengan baik. Area parkir  yang luas serta penggunaan papan informasi dan petunjuk yang rapi menjadikan tempat ini begitu nyaman.

Area yang terawat dengan baik (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Memasuki area pertama terdapat tangga turun yang tidak terlalu curam dan penyusunan ketinggian antar tangga yang pas akan sangat bermanfaat bagi usia lansia karena tidak akan cepat lelah ketika melewatinya.

Salah satu tempat suci pada area ini (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Belok ke kiri terdapat semacam area berkumpul yang terbuka dengan tempat duduk permanen yang di cor serta di sampingnya ada ruangan kaca transparan dengan dua patung besar dan kecil serta ada kursi dengan kotak kecil di atasnya.

Papan Informasi tentang sejarah Goa Maria (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Lanjut saya berjalan ke tempat yang bertuliskan Air Suci. Di sebelah tempat air suci terdapat papan informasi mengenai sejarah berdirinya tempat tersebut.

Papan Informasi tentang sejarah Goa Maria (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Selanjutnya adalah goa dengan replika patung Bunda Maria di dalamnya yang terletak agak ke atas kira-kira setinggi 3 meter. Di bawahnya disediakan tempat pembakaran lilin.

Papan Informasi tentang sejarah Goa Maria (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Dari mulai area ruangan berkaca hingga lokasi goa disampingnya mengalir sungai berukuran sedang yang dangkal dan terlihat jernih sehingga begitu serasi dan nyaman untuk beribadah karena suasana yang tenang kecualil suara alam yang menyenangkan.

Papan Informasi tentang sejarah Goa Maria (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Area ini terlihat tidak begitu luas namun penataannya sangat baik sehingga mampu menampilkan elemen-elemen yang ingin disajikan terlihat tetap utuh. Menuju jalan salib pengelola menyediakan semacam aula ber ukuran sedang yang terbuka dengan penggunaan kayu sebagai pilar utama.

Sejarah perjalanan salib dimulai (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Lanjut ke perjalanan salib, kita semacam berada dalam dimensi waktu di mana pengelola mampu menghadirkan cerita perjuangan dan pengorbanan Yesus dalam menjalani hukuman-hukuman yang di simbolkan melalui cerita patung dengan detail yang apik dari satu scene ke scene yang lain.

Salah satu adegan yang ditampilkan pada perjalanan salib (c)Mei Indriani/Travelingyuk

Dan area ini merupakan akhir dari perjalanan wisata rohani Goa Maria Rasanya bagi kaum kristiani sangat disayangkan jika tidak mampir ke tempat wisata rohani ini yang sarat akan edukasi dan memperdalam sisi rohani bagi generasi penerus-Nya. Sealamat berlibur sobat traveler, tetap patuhi protokol kesehatan ya.  

Advertisement
Tags
Share