Terpanjang se-Asia Tenggara, Yuk Simak Pesona Goa Lowo Trenggalek

Sudahkah Teman Traveler mengunjungi Trenggalek? Berada di pesisir selatan Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, kabupaten ini memiliki bentang alam menakjubkan. Selain pantai dengan karakteristik unik, perbukitan di sini juga menyimpan sejuta pesona. Salah satunya adalah Goa Lowo Trenggalek, obyek wisata yang pantang dilewatkan.

Fasilitas jalan beton di Goa Lowo (c) Rosita/Travelingyuk

Wisata Trenggalek ini disebut-sebut sebagai goa terpanjang se-Asia Tenggara ini memiliki sederet fasilitas memadai agar wisatawan lebih mudah menelusuri keindahannya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Goa Terpanjang se-Asia Tenggara

Masuk mulut gua (c) Rosita/Travelingyuk

Konon gua ini merupakan terpanjang se-Asia Tenggara. Stalagtit dan stalagmit di dalamnya begitu khas, bakal membuat kalian terpukau saat menjelajah tiap sudutnya. Gua Lowo Trenggalek ini juga cukup unik, dengan lebar gua mencapai 50 meter. Ketinggiannya bervariasi antara 20 hingga 50 meter. Meski demikian, Teman Traveler tidak perlu takut kekurangan oksigen.

Lalu bagaimana cara menelusuri gua ini? Jangan khawatir Teman Traveler, di dalam sudah tersedia jalan khusus dari beton. Tinggal kalian susuri sembari mengagumi tiap keindahan di sudut Gua Lowo Trenggalek. Uniknya lagi, kalian tak perlu membawa alat penerangan karena di dalam gua sudah tersedia deretan lampu warna-warni dan pencahayaan memadai.

Dihuni Ribuan Kelelawar

Stalaktit dan stalakmit di dalam gua (c) Rosita/Travelingyuk

Lowo dalam bahasa Jawa memiliki makna kelelawar. Destinasi yang diresmikan pada 1984 memang ini dihuni ratusan kelelawar. Hal tersebut yang sekaligus jadi alasan mengapa wisata gua ini akhirnya diberi nama Guo Lowo.

Hingga kini aroma khas kelelawar masih tercium di beberapa titik gua. Namun jangan khawatir, kelelawar penghuni Goa Lowo takkan mengganggu para wisatawan. Hal ini justru jadi salah satu fenomena unik yang bisa kalian nikmati saat berwisata ke sini.

Akses Mudah

Jalan menuju mulut gua (c) Rosita/Travelingyuk

Gua Lowo Trenggalek terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Meski jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota, akses menuju sini bisa dikatakan cukup mudah. Teman Traveler akan menemukan banyak panduan berupa petunjuk arah. Sementara untuk jalurnya, kalian bisa melewati ruas Jalan Nasional menuju Pantai Prigi.

Kondisi jalan dari Kabupaten Trenggalek maupun Tulungagung menuju ke Goa Lowo sudah cukup baik. Meskipun tidak terlalu lebar, perjalanan kalian takkan terhambat jalanan rusak. Begitu sampai di tujuan kalian akan disambut suasana tenang khas pedesaan.

Gua dihuni ribuan kelelawar (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan keindahan mengenai Goa Lowo Trenggalek, terpanjang se-Asia Tenggara. Yuk segera realisasikan liburan kalian dan jangan lupa sertakan destinasi ini di list perjalanan kalian. Selamat berlibur Teman Traveler.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Travelingyuk Trenggalek wisata trenggalek
Share