Goa dengan Cahaya Surga di Indonesia, Pesonanya Takada yang Biasa Saja!

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Goa dengan cahaya surga di Indonesia, pesonanya takada yang biasa saja. Terbentuk secara alami oleh alam, kecantikannya langsung menarik perhatian. Teman Traveler yang menggemari kegiatan Susur Goa, tidak boleh melewatkannya. Goa-goa dengan cahaya yang masuk melalui lubang di bagian atas, sebagian besar menimbulkan rasa takjub sekaligus penasaran. Termasuk pasti Teman Traveler. Jika benar begitu, informasi berikut ini bisa bantu memuaskan sebelum benar-benar langsung “terjun ke lapangan”. Simak yuk!

1. Goa Terawang, Blora

Bagian dalam Goa Terawang yang Mengagumkan
Bagian dalam Goa Terawang yang Mengagumkan via Instagram/upiecupi

Goa Terawang terletak di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Uniknya, ia berada di antara hutan Pohon Jati yang tumbuh di tanah milik Perhutani KPH Blora. Bentuknya memanjang, terdiri atas lima goa dengan struktur yang menyambung. Di bagian langit-langitnya, terdapat lubang. Lubang di Goa Terawang tidak hanya satu, bentuknya juga bermacam-macam. Dari lubang itulah, cahaya matahari masuk ke dalam, seolah-olah merupakan cahaya dari surga. Goa dengan cahaya surga di Indonesia ini indahnya nggak bisa biasa saja.

2. Goa Jomblang, Gunungkidul

Cahaya Surga di Goa Jomblang Bikin Melayang
Cahaya Surga di Goa Jomblang Bikin Melayang via Instagram/jordhammond

Sebagai wilayah yang secara topografi termasuk dalam kategori wilayah karst, Jogja punya banyak goa yang cantik dan unik. Salah satunya adalah Goa Jomblang. Goa berbentuk vertikal dengan kedalaman 60 meter ini berjarak sekitar 50 Km dari pusat Kota Jogja. Satu-satunya cara untuk dapat masuk ke dalam goa adalah turun menggunakan tali. Sebelumnya, Teman Traveler harus menggunakan peralatan keselamatan yang sudah disediakan. Sesampainya di dasar goa, Teman Traveler akan menemukan satu pohon berusia jutaan tahun yang belum diketahui jenisnya.

3. Goa Grubug, Gunungkidul

Goa Grubug, Sama-sama Memesona
Goa Grubug, Sama-sama Memesona via Instagram/normantis_

Lanjut menyusuri Goa Jombang, Teman Traveler akan sampai ke Luweng Grubug atau Goa Grubug. Di kawasan ini terdapat air sungai bawah tanah yang suara airnya menggema ke seluruh goa. Sama dengan Jomblang, Grubug terletak di kawasan Karst Semanu, Gunungkidul. Di dalam goa, terdapat batuan kapur yang terbentuk secara alami dan menakjubkan. Satu lagi, hati-hati saat menyusuri goa ya, Teman Traveler. Karena permukaannya berbatu dan cukup licin.

4. Goa Cokro, Gunungkidul

Pemandangan di Goa Cokro
Pemandangan di Goa Cokro (c) Travelingyuk/Bagas Yudhiswa

Goa dengan cahaya surga di Indonesia yang satu ini, masih berada di Gunungkidul, tepatnya di Desa Umbulrejo, Ponjong. Goa vertikal ini punya kedalaman sekitar 20 meter. Ia merupakan salah satu situs yang menjadi bagian dari Geopark UNESCO. Untuk memasukinya, Teman Traveler bisa menggunakan dua “gerbang”. Namun, hanya satu yang direkomendasikan. Saat berkunjung ke sana, Travelingyuk mendapat pengarahan mengenai peralatan dan standar keamanan. Sesampainya di dalam, terlihat dinding-dinding dengan pola cantik alami yang memukau. Dan yang pasti, cahaya surga.

5. Goa Suci, Tuban

Keunikan Goa Suci Tuban
Keunikan Goa Suci Tuban via Instagram/bendottetapsemangat

Menurut cerita, Goa Suci merupakan goa peninggalan zaman Kerajaan Majapahit. Terletak di sekitar lokasi penambangan batu kapur, konon goa ini sering dijadikan tempat semedi. Goa Suci berlokasi di Desa Leran Wetan, Palang, Tuban. Saat sampai di sini, selain akan terpana dengan cahaya surga dari langit-langit goa yang berlubang, Teman Traveler akan terpukau dengan batu-batu bertumpuk yang teratur.

6. Goa Bangkang, Lombok

Cahaya di Goa Bangkang Seperti Benar dari Surga
Cahaya di Goa Bangkang Seperti Benar dari Surga via Instagram/idawayan_13mw

Saatnya terbang ke Lombok! Goa dengan cahaya surga di Indonesia, ada di Nusa Tenggara Barat. Ia terletak di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Saat berada di sini, Teman Traveler harus siap dengan aroma khas dari kelelawar ya. Pasalnya, di dalam goa, tinggal ratusan binatang tersebut. Meski begitu, cahaya surga di lokasi ini bisa membuat Teman Traveler semua memakluminya. Saat akan berkunjung, jangan lupa untuk membawa penerangan yang cukup dan meminta pendampingan dari warga setempat.

Bagaimana? Goa dengan cahaya surga di Indonesia, membuat Teman Traveler langsung ingin mengunjunginya, kan? Persiapkan segala kebutuhannya ya. Jangan lupa untuk mengikuti aturan yang ada. Selamat menjelajah dan menikmati sinar surga di negeri ini!